SHARE
CARAPANDANG.COM - Musim hujan sudah di depan mata. Cuaca yang membawa hawa dingin dan identik dengan ketahanan tubuh Anda yang harus dipersiapkan. Musim hujan biasa berdampak pada kesehatan Anda apabila tidak dijaga akan terserang penyakit. Lantas, bagaimana caranya menjaga tubuh agar tetap sehat di musim hujan? Berdasarkan dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, lakukan tips di bawah ini.

Rajin mencuci tangan

Rajin cuci tangan sebelum makan, saat menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet sangat efektif dalam mencegah penularan virus serta bakteri penyebab penyakit. Jika Anda melakukannya dengan baik dan benar, niscaya penyakit musim hujan tidak mudah menyerang.

Lakukan 4M plus

Genangan air, yang menjadi tempat nyamuk demam berdarah bertelur, sangat mudah ditemukan saat musim hujan. Oleh karena itu, Anda wajib melakukan gerakan 4M plus sebagai berikut:

  • Menguras dan menutup wadah air dan bak mandi.
  • Mengubur barang bekas yang dapat menampung air.
  • Memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk.
  • Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memelihara ikan, dan lainnya.

Konsumsi makanan sehat

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, konsumsilah makanan bergizi lengkap dan seimbang. Pastikan Anda mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang cukup.

“Hindari makan di tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Apalagi jajanan yang dijual berada di dekat lokasi saluran pembuangan dan air yang tergenang,” saran dr. Karin.

Menggunakan pakaian hangat

Musim hujan bikin badan mudah kedinginan. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan pakaian yang hangat seperti jaket, sweter, baju lengan panjang, dan celana panjang.

Tidur cukup

Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh. Waktu tidur yang ideal agar tubuh beristirahat dengan optimal adalah 7-8 jam dalam sehari.

Mudah, ya? Lima tips di atas bisa membantu Anda menjaga tubuh tetap sehat dan bugar jelang dan saat musim hujan. Imbangi dengan olahraga secara rutin serta konsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh bila perlu sesuai dosis. Semoga Anda dan keluarga bisa melewati musim hujan tahun ini tanpa terganggu dengan penyakit (dan banjir), ya!

SHARE