SHARE
CARAPANDANG.COM – Wakil Ketua DPR RI, Utut Adianto melihat ajang Asian Para Games sebenarnya adalah momentum bagi pemerintah untuk melakukan perbaikan fasilitas publik agar ramah pada penyandang disabilitas. 

Melasir dari Parlemntaria (website resmi DPR RI), menurut Utut, selama ini penyandang disabilitas kurang mendapat tempat dan perhatian di publik, terlebih minimnya fasilitas yang mereka dapatkan. Untuk itu, ia menginginkan ada kesetaraan bahwa kaum disabilitas akan mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dengan masyarakat lainnya.

“Pemerintah harus perhatikan benar hingga hal terkecil dalam membangun fasilitas disabilitas. Kalau kita lihat di luar negeri itu menurut saya seluruh masyarakat disabilitas sangat bisa hidup mandiri karena ditunjang dengan fasilitas pendukung yang lengkap,” kata Utut dikutip dari Parlementaria Kamis (27/9/2018).

Terlebih lagi, Indonesia pasti akan banyak dikunjungi kaum disabilitas dari berbagai negara Asia, bahkan dunia, untuk menikmati langsung penyelenggaraan acara yang akan berlangsung. Maka legislator PDI-Perjuangan ini mengimbau agar seluruh fasilitas umum dan gedung-gedung dilakukan perbaikan untuk menyambut Asian Para Games ini.

“Nanti itu akan datang para turis disabilitas dari seluruh dunia untuk menikmati. Kita harus bersiap melakukan perbaikan-perbaikan mulai dari fasilitas umum, seperti bus, harus dipikirkan bagaimana para disabilitas bisa naik, hingga gedung-gedung juga harus diperhatikan hingga hal terkecil,” tuturnya.

Selain itu, legislator dapil Jawa Tengah VII tersebut menilai bahwa harus ada insentif selain dalam bentuk hadiah uang. Ia berharap pemerintah juga dapat memberikan insentif dalam bentuk jaminan kehidupan, agar setelah perlombaan berakhir mereka tetap dapat memiliki penghasilan.

“Presiden sudah menjanjikan bonus yang sama dengan yang diraih atlet Asian Games, itu bagi yang dapat emas. Yang tidak dapat bagaimana? Saya kira mereka juga butuh jaminan untuk mengarungi kehidupan mereka agar bisa juga tetap fokus latihan,” tegasnya.

Asian Para Games menjadi rangkaian dari Asian Games 2018, yang akan diselenggarakan di Jakarta. Acara akan dibuka pada tanggal 6 Oktober 2018 dan berlangsung selama 8 hari. Perlombaan ini akan diikuti oleh 42 negara di Asia yang terdiri dari 18 cabang olahraga.

SHARE