SHARE
CARAPANDANG.COM- Aplle berencana menggunakan chip modem 5G Intel 8161 pada iPHONE di tahun 2020 mendatang. Handset ini akan menjadi produk pertama Apple yang mendukung jaringan 5G. Intel mengembangkan 8161 dengan chip transisi yang disebut 8060, silikon yang akan digunakan untuk prototipe dan menguji 5G di iPhone. Dari catatan, chip 8161 akan dibuat menggunakan proses 10-nanometer Intel, teknologi fabrikasi yang menjanjikan peningkatan dalam kecepatan dan efisiensi.

Intel diperkirakan akan menjadi penyedia tunggal modem 5G untuk iPhone, meskipun Apple sendiri merasa tidak terlalu senang dengan perusahaan pembuat chip tersebut. Dilansir dari Fast Company, hal tersebut dikarenakan isu disipasi panas yang terjadi pada chip modem 8060.

Meskipun tidak suka dengan Intel, Apple belum mempertimbangkan untuk membuka kembali percakapan dengan Qualcomm tentang penyediaan modem 5G untuk model iPhone 2020. Apple juga telah mengadakan pembicaraan dengan pembuat chip modem MediaTek sebagai rencana B jika Intel tidak dapat mengatasi masalah modemnya selama satu setengah tahun ke depan.

Berbeda dengan perusahaan ponsel lainnya yang berlomba-lomba akan merilis ponsel 5G mereka pada tahun 2019, keputusan Apple untuk menunggu hingga 2020 untuk merilis iPHONE 5G tak lain karena Apple berpikir jumlah BTS 5G yang tersedia tahun depan masih akan terbatas.

SHARE