SHARE
CARAPANDANG.COM –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memperoleh tambahan logistik sebanyak 1.988 bilik suara. Bilik suara yang terbuat dari kardus ini berasal dari KPU RI guna keperluan Pemilu April 2019 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Agam, Riko Antoni di Lubukbasung, Rabu (7/11) mengatakan bilik suara tersebut untuk memenuhi kekurangan karena bilik suara Pemilu sebelumnya masih ada, dan kini telah disimpan di gudang milik KPU setempat.

Ia menyebutkan kebutuhan bilik suara pada Pemilu 2019 sebanyak 6.372 unit untuk didistribusikan ke 1.593 tempat pemungutan suara (TPS). "Setiap TPS butuh empat unit bilik suara, dan karena terbuat dari bahan kardus hanya untuk satu kali pakai saja," katanya.

Untuk penambahan kotak suara, akan datang dalam minggu ini, dan jumlahnya pihaknya belum dapat informasi. Sementara kebutuhan kotak suara sebanyak 7.965 unit untuk 1.593 TPS atau lima unit per TPS.

Namun apabila ada kekurangan akibat adanya penambahan TPS, maka KPU Agam akan mengusulkan penambahan kotak suara dan bilik suara ke KPU RI. Sedangkan untuk surat suara akan dikirim setelah ditetapkan daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap dua yang rencananya ditetapkan pada 11 November 2018.

Ia memprediksi akan ada penambahan pemilih nantinya, karena ada 300 warga yang melapor ke 99 Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang dibuka dari 1-28 Oktober 2018. "Mereka melapor karena belum terdaftar sebagai pemilih dan petugas langsung mendaftarkan mereka sebagai pemilih," katanya.

Sebelumnya, KPU Agam telah menetapkan daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap satu sebanyak 331.785 pemilih.

SHARE