SHARE
CARAPANDANG.COM - Legenda komik dunia, Stan Lee, meninggal dunia pada Senin (12/11/2018).

Komikus Marvel yang menciptakan tokoh Spider-Man, Iron Man, Hulk, dan pahlawan super Marvel Comics lainnya ini meninggal pada usia 95. Kabar duka ini diungkapkan putrinya, J.C. Lee kepada Reuters.

Sebagai penulis dan editor, Lee adalah kunci untuk kesuksesan Marvel menjadi raksasa buku komik pada 1960-an ketika. Stan Lee bekerja sama dengan seniman seperti Jack Kirby dan Steve Ditko dan menciptakan pahlawan super yang akan memikat generasi pembaca muda.

Stan Lee, lahir dari imigran Rumania dengan nama Stanley Martin Lieber di New York pada tahun 1922. Ia kemudian menggunakan nama pena Stan Lee di  awal karirnya sebagai sebagai penulis untuk Timely Comics pada tahun 1941, awal mula dari Marvel Comics.

Saat menjadi editor dan penerbit Marvel Comics di awal 1960-an, ia mengubah gaya dengan superhero dengan kehidupan yang bermasalah dan kepribadian temperamental, berbeda dari karakter komik di masa lalu.

"Untuk sekali saya ingin menulis cerita yang tidak akan menghina kecerdasan pembaca yang lebih tua, cerita dengan karakterisasi yang menarik, dialog dan plot yang lebih realistis yang belum pernah didaur ulang seribu kali sebelumnya," tulis Lee dalam memoar-nya di tahun 2002, Excelsior: The Amazing Life of Stan Lee.

Di usia 40 Tahun, Lee memutuskan untuk berhenti membuat komik. Fantastic Four merupakan hasil karya terakhirnya sebelum berhenti.

Setelah pensiun membuat komik, Lee tetap eksis dengan tampil sebagai cameo di sejumlah film box office Marvel. Dalam setiap film, kehadiran Lee sebagai cameo selalu ditunggu-tunggu oleh penggemar. 

SHARE