SHARE
CARAPANDANG.COM - Sering kali badan merasa lemas setelah berolahraga atau beraktivitas fisik lainnya, itu berarti Anda harus segera mengistirahatkan tubuh Anda. Jika tidak, itu justru berbahaya bagi tubuh Anda sendiri. Ada beberapa tanda yang bisa Anda rasakan sebagai alarm bahwa tubuh perlu istirahat. 

Para pakar setuju bahwa pemulihan merupakan bagian penting dari olahraga. Anda tidak boleh melewatkan waktu istirahat begitu saja. Istirahat setelah berolahraga berguna untuk memperbaiki otot serta menjaga keseimbangan diri. Jika tidak dilakukan dengan baik, bisa-bisa cedera mengintai Anda.

"Saat Anda berolahraga, Anda mengalami sedikit trauma pada tubuh. Jika setelahnya otot Anda diperbaiki dengan cara istirahat, maka otot akan tumbuh lebih kuat,” ujar Noam Tamir, pakar kesehatan dan pemilik TS Fitness di New York City, dilansir CNN.

Tamir melanjutkan bahwa semakin banyak Anda berolahraga, semakin banyak tekanan yang Anda berikan pada tubuh. Jika Anda tidak mengizinkan tubuh untuk pulih, itu sama saja dengan mendorong terjadinya penyakit. Nah, sebelum cedera menyerang, kenali 5 tanda bahwa tubuh Anda butuh istirahat: 

Badan terasa sakit

Sedikit nyeri otot setelah berolahraga adalah hal yang normal, terutama jika Anda baru memulai berolahraga. Namun jika Anda berolahraga secara teratur, seharusnya Anda tidak mengalami rasa nyeri tersebut.

Menurut Tamir, otot membutuhkan waktu 24 hingga 48 jam untuk pulih dan memperbaiki dirinya. Jika otot masih terasa sakit setelah 48 jam, mungkin Anda terlalu letih dan mengalami overtraining.

Detak jantung tidak normal

Salah satu cara terbaik untuk mengukur apakah Anda perlu istirahat atau tidak adalah dengan memeriksa detak jantung. “Saya akan mengecek detak jantung saya pada pagi hari. Jika di atas normal, itu berarti tubuh saya tidak benar-benar siap untuk olahraga berat pada hari itu. Itulah salah satu cara terbaik untuk menilai kesiapan Anda untuk berolahraga," ujar Tamir.

Badan terasa kaku

Badan terasa kaku setelah berolahraga? Itu karena Anda tidak melakukan pemulihan yang tepat atau dengan kata lain, kurang istirahat. Tamir merekomendasikan untuk melakukan peregangan pada masa-masa istirahat Anda. Tujuannya untuk menjaga tubuh tetap lentur dan mencegah cedera.

Urine berwarna gelap

Urine berwarna gelap adalah salah satu cara paling mudah untuk mengetahui apakah Anda terhidrasi dengan baik atau tidak selama berolahraga. Jika urine tampak gelap, jangan paksa tubuh Anda melakukan olahraga. Lebih baik istirahat dulu, perbanyak minum air putih, dan mengonsumsi makanan bergizi.

Anda selalu merasa moody

Merasa moody terus-menerus adalah salah satu sinyal bahwa Anda terlalu banyak berolahraga. Olahraga seharusnya membuat orang lebih bahagia, karena aktivitas ini menghasilkan hormone endorfin yang merupakan zat kimia penangkal stres. Tapi jika olahraga justru membuat Anda moody, berarti ada yang salah. Itu tandanya Anda harus istirahat terlebih dulu.

Jangan abaikan tanda-tanda di atas. Jika Anda merasakannya, segera sempatkan diri untuk beristirahat. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang merasa kelelahan setelah melakukan aktivitas fisik selain olahraga. Apa pun aktivitas Anda, sangat penting untuk memiliki waktu istirahat yang ideal.

SHARE