SHARE
CARAPANDANG.COM - Penelitian baru dari University of Bristol mengukur perubahan dalam aktivitas otak dan tanggapan orang sebelum atau setelah tidur siang. Dan penelitian menemukan bahwa tidur siang bermanfaat untuk proses pengambilan keputusan.

Diterbitkan dalam Journal of Sleep Research, penelitian ini dirancang untuk menentukan apakah tidur siang benar-benar bisa membantu kita memproses informasi secara tidak sadar dan bagaimana hal ini bisa memengaruhi perilaku dan waktu reaksi kita. Ternyata hal tersebut bisa meningkatkan fungsi otak kognitif dan membantu Anda memproses informasi yang bahkan tidak Anda sadari.

Sebelum penelitian ini, kita semua tahu bahwa tidur membantu mengatasi masalah dan membantu berpikir lebih jernih setelah kita bangun. Tetapi kita tidak tahu apakah kita harus secara sadar mengakui bahwa kita perlu bantuan membuat keputusan sebelum tertidur untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut temuan ini, bahkan tidur sebentar bisa membantu meningkatkan kemampuan kita untuk memproses informasi. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa informasi yang kita ambil saat kita bangun berpotensi diproses dengan cara yang lebih bermakna ketika kita sedang tidur.

"Temuan ini luar biasa karena mereka bisa terjadi tanpa adanya kesadaran awal yang disengaja dengan memproses isyarat yang secara implisit disajikan di bawah kesadaran kesadaran peserta," kata Dr. Liz Coulthard, konsultan dosen senior di neurologi dementia di University of Bristol Medical, seperti dilansir laman Sheknows, Rabu (26/12).

SHARE