SHARE
CARAPANDANG.COM- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyiapkan "Mobil Internet" untuk menjangkau seluruh masyarakat dalam mengakses internet.

"Mobil Internet disiapkan untuk menunjang kebutuhan internet masyarakat, bahkan bisa digunakan secara darurat, seperti saat terjadi bencana alam," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika setempat Suhandi di Purwakarta, Rabu.

Ia mengatakan, "Mobil Internet" tersebut disediakan dalam konektivitas berbasis satelit, sehingga aksesnya akan cepat.

Selain itu, disediakan pula dalam konektivitas konvensional.

"Sekarang ini baru ada satu, walaupun idealnya dua kendaraan agar internet bergerak tersebut bisa melayani masyarakat Purwakarta," katanya.

Kabid Teknologi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika setempat Fery Heryana, mengatakan, selain "Mobil Internet", Dinas Komunikasi dan Informatika Purwakarta juga akan membangun jaringan infrastruktur internet hingga pelosok desa melalui program Desa Cerdas.

"Targetnya tahun ini seluruh desa di Purwakarta memiliki jaringan internet agar masyarakat masyarakat desa bisa mengakses internet di tempat terjauh sekalipun," katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya pada tahun 2018, infrastruktur jaringan internet berbasis serat optik sudah sampai di tingkat kecamatan.

"Kita sudah sampai level kecamatan yang terjauh seperti Kecamatan Sukasari dan Maniis, termasuk sembilan kelurahan di wilayah perkotaan," katanya. Pada 2019 pihaknya menargetkan seluruh wilayah, termasuk 183 Desa di Purwakarta sudah memiliki akses jaringan internet melalui akses wifi gratis di tempat fasilitas publik.

Diskominfo Purwakarta pada tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp2 miliar untuk pengadaan infrastruktur jaringan internet di desa-desa.

Sementara pada 2018, pengadaan infrastruktur jaringan internet untuk menjangkau seluruh kecamatan menghabiskan anggaran Rp1,5 miliar.

SHARE