SHARE
CARAPANDANG.COM - Pada babak final OLSN Cabang Lomba Kreativitas Bercerita dalam Bahasa Inggris (Story Telling) kesepuluh finalis membawakan cerita Money Can’t Buy Everything. Dengan bahan dasar yang sama, mereka dibebaskan untuk menafsirkan, memberi pesan, serta menempatkan point of view. Radina Dyandra Nabila menghadirkan point of view dari sisi ayah Nick. Dikisahkan bahwa ayah Nick harus bekerja membanting tulang setiap harinya agar terhindar dari kemiskinan. Ia pun mewartakan sang ayah merupakan orang tua tunggal, dikarenakan perceraian antara ayah Nick dan ibu Nick.

Ditemui setelah tampil di babak final, Radina mengucapkan syukur kepada Allah SWT.

“Rasanya tegang banget karena tadi dikasih waktu limited untuk membuat cerita, menafsirkan cerita, menghafal cerita. Jadi itu rasanya mau maju tegang banget. Jadi terus rasanya sangat mengkhawatirkan tapi alhamdulillah saya bisa maju ke depan, terus menampilkan terbaik. Dengan improvisasi, berdoa kepada Tuhan. Alhamdulillah saya di depan bisa. Rasa leganya ada,” kata Radina di Ambhara Hotel, Senin (29/10/2018).

Lalu bagaimanakah cara siswi SMPN 6 Batam ini mengatasi rasa tegang? Terlebih di babak final kala persaingan semakin ketat dan nyata.

Just be yourself. Harus improvisasi sendiri, nggak boleh tegang, jangan dipikirin. Kalau kita terus mikirin, udah gitu tegang, nantinya bakal tegang sendiri di depan panggung itu. Makanya saya nggak pikirin. Just go it the flow, terus akhirnya tampil pede di depan,” terang wakil dari Provinsi Kepulauan Riau di OLSN ini.

Radina sendiri mengaku menyukai story telling sejak kecil. Sedari dini ia telah gemar membagi cerita kepada sobat-sobatnya.

Insya Allah dengan story telling saya bisa bawa speaking public dan telling stories to everyone,” harap Radina yang membawakan cerita The Legend Of Sungai Jodoh di babak penyisihan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2018.

Pada Upacara Penutupan dan Pengumuman Pemenang OLSN-LME di Ambhara Hotel, Selasa (30/10/2018); Radina Dyandra Nabila dapat bergembira. Radina ditetapkan sebagai Juara III OLSN Cabang Lomba Kreativitas Bercerita dalam Bahasa Inggris (Story Telling).

Bagi Radina, OLSN tak sekadar menang-kalah, melainkan sebuah pengalaman berharga baginya untuk mengembangkan talenta yang dimilikinya.

“OLSN bisa mengembangkan potensi saya sebagai story teller dan juga bisa membuat saya lebih mempoles talenta saya yang sudah saya miliki ini. Dan sebuah pengalaman yang berkesan bisa menemui teman-teman baru. Itu sangat berkesan banget,” urai Radina Dyandra Nabila seperti dilansir laman Ditpsmp Kemdikbud RI.

SHARE