SHARE
CARAPANDANG.COM - Angin duduk jadi salah satu momok bagi semua orang. Ya ini karena angin duduk digadang-gadang menjadi pemicu dari meninggalnya seseorang. Bahkan, fenomena kesehatan tersebut selalu datang secara tiba-tiba tanpa ada kata permisi sama sekali.

Nah, berbicara tentang angin duduk, banyak orang yang belum tahu nih tentang ciri-cirinya. Sebab, angin duduk tak mengeluarkan gejala apapun. Banyak orang bilang kalau fenomena kesehatan ini mirip sekali dengan masuk angin pada awalnya. Namun lama-lama bisa membuat orang langsung meregang nyawa. Tapi sebenarnya masih ada ciri-ciri lain dari datangnya si angin duduk ini. Kalau ingin tahu, simak ulasan yang di lansir dari Boombastis.com berikut ini.

Keringat dingin yang tiba-tiba saja muncul

Menurut dr. Djoko Maryono DSPD, DSPJ selaku ahli internis dan kardiologi RS Pusat Pertamina, ciri dari angin duduk yang pertama adalah timbulnya keringat dingin. Kepada netralnews.com, ia menyebutkan kalau keringat dingin ini diawali dengan perasaan yang tidak nyaman. Biasanya, hal ini terjadi selama kurang lebih lima menit.

Ini diakibatkan menurunnya tekanan darah yang memompa jantung. Alhasil, jantung membutuhkan lebih banyak oksigen sehingga tidak bisa memompa seperti pada umumnya. Dari kejadian itu, pembuluh darah mengadakan reaksi pemulihan berupa kontraksi guna mencukupi pengisian oksigen pada saat memompa jantung tadi. Kemudian, kontraksi itulah yang menimbulkan keringat dingin pada kulit.

Dada terasa nyeri yang disertai dengan sesak napas

Tanda-tanda datangnya dari fenomena kesehatan satu ini adalah dada terasa nyeri. Bahkan, biasanya ini disertai dengan sesak napas juga. Ahli saraf bernama dr. Yuda Turana, Sp.S, berpendapat jika dada sang penderita angin duduk ini akan terasa seperti ditekan dengan benda yang sangat berat.

nyeri pada dada terasa seperti diremas-remas dan begitu mengganggu di bagian tengah. Nah, kalau kalian merasakan hal seperti ini, sebaiknya tidak mengabaikannya ya. Sebab, nyeri pada dada dan juga disertai dengan sesak napas berpotensi besar berkaitan dengan jantung kalian lho.

Sakit kepala yang mirip dengan masuk angin biasa

Seperti yang kita tahu kalau fenomena ini banyak dibilang mirip dengan masuk angin. Ya, itu benar sekali . Alasannya karena ciri-cirinya juga ada yang serupa dengan masuk angin. Adalah sakit kepala yang juga disertai dengan mual ataupun kembung pada perut.

Menurut dr. Djoko Maryono DSPD, DSPJ, tidak heran jika banyak orang yang mengabaikan ciri satu ini. Maka dari itu, orang-orang yang terkena angin duduk ini lebih memilih untuk istirahat atau minum obat ketimbang memeriksakan dirinya ke dokter.

Ulasan di atas merupakan ciri-ciri dari angin duduk tersebut. Ternyata, tanda-tanda datangnya tidak begitu mirip dengan masuk angin. Ya karena disertai dengan tanda-tanda lain seperti dada terasa nyeri dan juga munculnya keringat dingin. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak meremehkan tanda-tanda sakit yang muncul secara tiba-tiba pada tubuh. Lebih baik untuk segera memeriksakan ke dokter karena ditakutkan ada sesuatu. Nah, ternyata angin duduk ini juga bisa untuk dicegah kok kedatangannya.

Caranya juga cukup mudah, hanya dengan konsumsi air putih delapan gelas sehari, tidur cukup, rutin berolahraga dan juga perbanyak makan buah dan sayur. Jadi, selalu jaga kesehatan dan hindari meremehkan tanda aneh di tubuh apapun itu ya.

SHARE