SHARE
CARAPANDANG.COM -  UHAMKA bersama 40 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia menggelar kegiatan  ToT Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri (KKNMu). Kegiatan tersebut diselenggarakan sejak tanggal 7-9 Februari 2019 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Tengah.

Tim UHAMKA yang hadir pada kegiatan tersebut antara lain Wakil Rektor 3, Dr. Lelly Qodariyah, Ketua LPPM, Prof. Dr. Nani Solihati, Sekretaris LPPM, Gufron Amirullah dan P3KA, Heru Wibowo. 

Seperti diungkapkan Jabrohim  dari Lembaga Seni, Budaya dan Olahraga (LSBO) PP Muhammadiyah dalam kegiatan tersebut  mahasiswa tidak hanya melaksanakan kegiatan keilmuan, namun akan melakukan sejumlah kegitan seperti keagamaan, seni dan olahraga, dan kegiatan tematik. Selain itu juga dilakukan sosialisasi Tonis (badminton tenis), olahraga yang dipopulerkan LSBO.

Perlu diketahui KKNMu merupakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2014. Beberapa daerah lokasi KKNMu antara lain Metro Lampung tahun 2014, Surabaya 2015, Gorontalo 2016, Palembang 2017 dan Purwokerto 2018.KKNMu untuk tahun 2019 akan diselenggarakan di Bengkulu dengan tuan rumah Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Wakil Rektor 3, Dr. Lelly Qodariyah  mengungkapkan  UHAMKA  selalu terlibat sejak dalam kegiatan KKNMu bahkan menjadi salah satu inisiator.  Dia menjelaskan ada enam PTM sebagai inisiator KKNMu yaitu Universitas Ahmad Dahlan, UHAMKA, UM Magelang, UM Ponorogo, UM Purwokerto dan UM Lampung.

Sementara itu Ketua LPPM, Prof. Dr. Nani Solihati mengatakan  untuk tahun 2019 UHAMKA  menyatakan siap mengirimkan kembali delegasi KKNMu.  Dia menjelaskan materi dan praktik selama ToT antara lain Kewilayahan dan Potensi Lokal, Kebencanaan, Etnografi, Penyusunan Proker, Matrik Program KKNMu, Buku Aktivitas Harian, Pendanaan dan Laporan Pelaksanaan. 

Dia menjelaskan diakhir acara  nanti seluruh peserta ToT akan diajak berkeliling Banjarmasin untuk mengunjungi Pasar Terapung, Pasar Batu Permata Martapura, Pendulangan Intan dan Masjid Raya Sabilal Muhtadin. 

SHARE