SHARE
CARAPANDANG.COM - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor menciptakan program Bogor Ngaos (Jumat Mengaji) yang nantinya disematkan ke kurikulum belajar mengajar pada setiap sekolahan.

Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin di SMP Negeri 2 Cibinong, Jumat (8/2/2019), mengatakan Bogor Ngaos atau Jumat Mengaji merupakan salah satu program utama dalam membentuk mental anak didik guna memperdalam keimanan.

"Kegiatan Bogor Ngaos atau Jumat Mengaji ini bagian dari program Panca Karsa yang ditunjukan kepada siswa-siswi sekolah, Bogor Ngaos akan dilakukan setiap hari Jumat sebelum memulai pelajaran," katanya.

Program ini nantinya akan menyasar ke dunia pendidikan khususnya pada tingkat sekolah dasar dan menengah pertama (SD dan SMP). 

Selain itu agar dapar lebih baik lagi, kata dia, maka akan disematkan pada kurikulum belajar mengajar yang dimana sebagai salah satu modal utama untuk membentuk anak didik, kasalnya mental anak didik untuk saat ini terbilang kurang dalam pembentukan karakter melalui agama, lebih mengikuti perkembangan zaman yang kurang baik. 

Bupati Bogor juga menjelaskan selain mendukung tambahan pelajaran agama pihaknya juga akan menambah pelajaran Bahasa Sunda di sekolah-sekolah.

"Nanti juga akan diluncurkan program Rebo Berbahasa Sunda, kami lebih mementingkan bahasa dibanding pakaian karena kita ingin mengembalikan Budaya dan Bahasa Sunda di Kabupaten Bogor, ini dimulai dari sekolah karena mereka ini generasi penerus, kata Ade Yasin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, TB. Luthfi Syam mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya launching Bogor Ngaos atau Jumat Mengaji. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, terima kasih juga kepada Ibu Bupati Bogor, kegiatan ini serentak dilaksanakan hari ini, kita juga ada teleconference dengan beberapa sekolah, kata Luthfi.

Itu dikarenakan dengan adanya dua program pada kurikulum belajar mengajar di sekolahan maka dapat membentuk citra Kabupaten Bogor yang merupakan salah satu daerah pada Provunsi Jawa Barat ambil bagian untuk pelestarian budaya Sunda.

SHARE