SHARE
CARAPANDANG.COM – Pemilihan Presiden (Pilpres)  2019 diwarnai aksi deklarasi dukungan ke salah satu pasangan calon presiden- calon wakil presiden. Deklarasi kadang juga disampaikan secara terbuka dengan mengatasnamakan alumni salah satu  institusi pendidikan mulai dari tingkat universitas dan sekolah menengah atas. 

Tentunya hal tersebut menimbulkan pro dan kontra di kalangan para alumninya yang memiliki pilihan berbeda. Seperti disampaikan oleh Ketua Alumni SMA Negeri 60 Jakarta, Yulizar sangat menyayangkan ada anggotanya yang mendeklarasikan diri mendukung salah satu pasangan Capres/Cawapres tanpa adanya musyawarah.

"Kami selaku pengurus  tidak menyangka ada anggota yang tanpa musyawarah mengatas namakan nama besar alumni SMA 60 Jakarta dengan mendeklarasikan diri salah satu pasangan capres,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada redaksi, Senin ( 11/2).

Pria yang karib disapa  Ical menjelaskan  bahwa dirinya mendapat kabar tersebut dari beredarnya foto aksi  yang tidak pantas yang dilakukan oleh  oknum alumni SMA 60 Jakarta. Dan foto tersebut  telah  viral di grup alumni  SMA 60 Jakarta.

Atas kejadian ini pihaknya mengecam keras aksi tersebut. Menurutnya tindakan yang telah mereka lakukan sudah jauh dari pikiran akal sehat. Pasalnya mereka sudah melakukan tindakan yang tidak etis dengan memakai atribut kampanye di lingkungan sekolah. 

"Mereka seolah-olah membangun opini telah didukung pihak sekolah," tegasnya.

Dan menurutnya apa yang telah mereka lakukan secara langsung merugikan pihak sekolah. Sebab, sekolah harus benar-benar bersih dari kegiatan politik. “Aksi oknum tersebut tentu sangat merugikan pihak sekolah yang seharusnya bebas dari atribut-atribut politik,” tutupnya.

Sebelumnya alumni SMA Jakarta Bersatu mendeklarasikan dukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di Plpres 2019. Acara deklarasi itu dilakukan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/2).

Pada deklarasi tersebut para alumni juga menyatakan siap bersatu menjaga Pancasila dan NKRI. Serta siap bergerak maju untuk bisa memajukan bangsa Indonesia. Berikut ucapan lengkap deklarasi para alumni se-DKI Jakarta:

1.Kami alumni SMA Jakarta bersatu hari ini berkumpul bersama-sama menyatukan semangat untuk Indonesia bergerak maju.

2. Kami alumni SMA Jakarta Bersatu menyatakan kesanggupan dan kesiapan dalam menjaga Pancasila dan NKRI.

3. Kami alumni SMA Jakarta Bersatu menyatakan sudah saatnya bergerak dan tak tinggal diam memperjuangkan pemimpin yang membawa perubahan tegas berwibawa berbudaya baik jujur serta amanah demi kemajuan Indonesia.

4. Kami alumni SMA Jakarta Bersatu menyatakan dukungan penuh terhadap pasangan Bapak Joko Widodo dan Kiai Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

5. Kami alumni SMA Jakarta Bersatu menyatakan satu semangat bergerak maju. 

SHARE