SHARE
CARAPANDANG.COM – Mencermati perkembangan akhir-akhir ini terkait dengan Pemilihan Presiden (Pilpres ) 2019, terutama menyangkut berbagai klaim dan pernyataan dukungan pada Capres /Cawapres tertentu dari sejumlah pihak yang mengatasnamakan Alumni SMAN 60, maka Forum Komunikasi Alumni SMAN 60 (FOKAL 60) menyampaikan  secara tegas pihaknya tidak terlibat politik praktis.

Hal ini disampaikan oleh Ketua  Forum Komunikasi Alumni SMAN 60 (FOKAL 60), Yulizar Hasyim dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Senin (11/2).

Secara tegas FOKAL 60 sampai saat ini tidak memihak kepada salah satu pasangan Capres/Cawapres tertentu. Sehingga dia meminta kepada pihak yang akan memberikan dukungan yang membawa nama besar SMAN 60 Jakarta ke dalam urusan politik.

“FOKAL 60 selama ini tidak pernah mendeklarasikan dukungan kepada Capres maupun Cawapres pada Pemilu 2019 mendatang dan FOKAL 60 bersifat netral dengan tidak terlibat kegiatan dukung-mendukung Capres maupun Cawapres manapun,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa pihaknya tidak menghalangi atau melarang Alumni SMAN 60 Jakarta  untuk menyalurkan dan menyampaikan gagasan, aspirasi, dukungan, atau menggunakan hak politiknya.

Namun dia mengingatkan bahwa aktivitas politik praktis apapun dari para Alumni SMAN 60 Jakarta merupakan aspirasi pribadi, dan tidak boleh membawa dan mengatasnamakan Forum Komunikasi Alumni SMAN 60 (FOKAL 60).

FOKAL 60 mendukung pesta demokrasi pemilihan umum di Negara Republik Indonesia. Dan berharap agar pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada bulan April 2019 mendatang  dapat terselenggara dengan semangat persatuan , saling menghormati dan menghargai , sportif dan menyenangkan.

“FOKAL 60 menghimbau kepada Alumni SMAN 60 untuk terus menjunjung prinsip demokrasi dan menghormati hak konstitusional untuk menggunakan hak politiknya secara jujur dan berintegritas. Dan, tetap menjaga kedamaian serta menghindari pertikaian yang merusak sendi kehidupan berbangsa,” tutupnya.

Sebelumnya alumni SMA Jakarta Bersatu mendeklarasikan dukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di Plpres 2019. Acara deklarasi itu dilakukan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/2).

Pada deklarasi tersebut para alumni juga menyatakan siap bersatu menjaga Pancasila dan NKRI. Serta siap bergerak maju untuk bisa memajukan bangsa Indonesia. Berikut ucapan lengkap deklarasi para alumni se-DKI Jakarta:

1.Kami alumni SMA Jakarta bersatu hari ini berkumpul bersama-sama menyatukan semangat untuk Indonesia bergerak maju.

2. Kami alumni SMA Jakarta Bersatu menyatakan kesanggupan dan kesiapan dalam menjaga Pancasila dan NKRI.

3. Kami alumni SMA Jakarta Bersatu menyatakan sudah saatnya bergerak dan tak tinggal diam memperjuangkan pemimpin yang membawa perubahan tegas berwibawa berbudaya baik jujur serta amanah demi kemajuan Indonesia.

4. Kami alumni SMA Jakarta Bersatu menyatakan dukungan penuh terhadap pasangan Bapak Joko Widodo dan Kiai Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

5. Kami alumni SMA Jakarta Bersatu menyatakan satu semangat bergerak maju. 

SHARE