SHARE
CARAPANDANG.COM - Komisioner  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan bahwa debat Capres/Cawapres putaran kedua agak berbeda dengan debat sebelumnya. Pada debat kali ini KPU akan memperbanyak interaksi dari kedua kandidat.

"Di segmen dua sampai lima semuanya dalam bentuk dialog. Jadi sangat dimungkinkan masing-masing capres bertanya kepada capres lain," ujarnya  di Jakarta, Senin (11/2).

Pramono mengatakan pada debat putaran kedua yang akan digelar 17 Februari nanti hanya dijalani  antarcapres. Ada enam segmen  pada debat ini.

Pramono menjelaskan segmen pertama berupa penyampaian visi-misi, segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis. Kemudian, segmen keempat berupa debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim panelis, segmen kelima kedua capres saling mengajukan pertanyaan bebas dan segmen keenam pernyataan penutup.

Lebih lanjut dia menuturkan setiap pertanyaan yang diajukan masing-masing capres dalam dialog atau interaksi, tetap harus mengacu pada tema debat kedua yaitu isu energi, pangan, infrastruktur, sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Untuk kesiapan debat yang akan digelar 17 Februari nanti, Pramono mengatakan KPU sudah menyiapkan sebanyak 90 persen, yakni mulai dari keberadaan tim panelis, moderator, daftar pertanyaan, teknis penyelenggaraan, pengamanan, dan lain-lain.

Hotel Sultan akan menjadi  tempat  digelarnnya debat putaran kedua nanti. Tema yang akan diangkat adalah energi, pangan, infrastruktur, sumberdaya alam dan lingkungan hidup. Debat kedua hanya akan dijalani para capres yakni Jokowi dan Prabowo Subianto. Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon yakni nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

SHARE