SHARE
CARAPANDANG.COM - Jelang pelaksanaan Pemilu 2019, masyarakat butuh keteduhan. Maka itu, para elit dan tokoh nasional harus mengeluarkan pernyataan -pernyataan yang meneduhkan.

Himbauan ini disampaikan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (1/4).

Politisi Partai Golkar ini mengatakan para elit dan tokoh nasional harus bersikap negarawan, dengan menciptakan suasana teduh. Bukan sebaliknua  membuat suasana "panas". 

"Bersikaplah sebagai negarawan, jangan membuat suasana semakin panas namun harus membuat suasana teduh," tegasnya. 

Politisi yang karib disapa Bamsoet ini berharap semua tokoh nasional bijaksana dalam mengeluarkan pernyataan dan biarkan masyarakat menentukan pilihannya di Pemilu 2019. Ia mengingatkan, sudah ada aturannya bahwa terkait sengketa atau ditemukan kecurangan di Pemilu diselesaikan melalui jalur hukum di MK.

"Khan sudah ada aturan main dan UU mengatur soal adanya kecurangan Pemilu diselesaikan di MK dan ada upaya hukum lainnya," ujarnya.

Sebelumnya Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais saat menjadi salah satu peserta aksi 313, yang digelar di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3) mengatakan, kalau terjadi kecurangan dalam Pemilu, langkah yang ditempuh tidak melalui jalur hukum di Mahkamah Konstitusi namun menggunakan people's power.

 

SHARE