SHARE
CARAPANDANG.COM -  Sebelum masa jabatan DPR periode 2014-2019 yang akan berakhir pada 30 September 2019 nanti Ketua DPR Bambang Soesatyo berharap Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah  bisa mengirimkan 10 nama terbaik kepada Presiden.  Sehingga uji kelayakan dan kepatutan bisa dilakukan tanpa harus menunggu DPR periode selanjutnya. 

"Uji kelayakan dan kepatutan serta pemilihan Capim KPK akan lebih efektif oleh DPR sekarang karena tidak disibukkan dengan agenda politik DPR yang baru," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, (9/7).

Politisi Partai Golkar yang biasa disapa Bamsoet ini mengatakan berkaca pada lima tahun sebelumnya, setelah pelantikan anggota DPR 2014-2019, Senayan disibukkan oleh agenda politik pemilihan pimpinan parlemen beserta alat kelengkapannya. Tarik menarik kepentingan pun membuat proses politik tersebut sangat alot dan menguras energi.

"Jadi, kalau Capim KPK bisa dipilih oleh DPR sekarang, kenapa harus nunggu periode berikutnya," kata Bamsoet.

Selain soal faktor agenda politik, Bamsoet menginginkan pemilihan Capim KPK Jilid V ini menjadi warisan kerja anggota DPR periode 2014-2019. Dia menambahkan jika uji kelayakan dan kepatutan bisa dilakukan anggota DPR periode sekarang maka pimpinan KPK terpilih tinggal dilantik pada Desember 2019.

SHARE