SHARE
CARAPANDANG.COM - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru akan menggandeng pihak ketiga untuk membina para masyarakat lanjut usia di provinsi itu supaya kesejahteraannya semakin meningkat.

"Kami berkomitmen akan meningkatkan upaya pemberdayaan dan perhatian para lanjut usia (lansia) melalui berbagai program pemerintah, pembangunan, maupun kemasyarakatan," kata dia di Palembang, Rabu.

Ia mengakui setelah mendengar dan melihat langsung kondisi para lansia di daerah itu yang berada di panti, perhatian terhadap mereka harus terus ditingkatkan.

Ia mengakui perhatian terhadap kalangan lansia tidak hanya dari pemerintah provinsi akan tetapi seluruh jajaran yang memiliki kemampuan berlebih.

Ia menyebut pentingnya para lansia hidup bahagia.

"Apalagi, sekarang ini perhatian terhadap lansia belum begitu maksimal dan kami tidak inginkan seperti di beberapa negara yang orang tuanya tidak diasuh, dirawat di rumah, tetapi dititipkan di panti jompo," ujar dia.

Ia mengharapkan melalui pemberdayaan terhadap kalangan lansia, para orang tua itu akan merasakan hidupnya lebih sejahtera.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak yang terkait untuk bekerja keras dan berupaya menyejahterakan lansia dengan memenuhi kebutuhan primer dan hak-hak mereka lainnya.

Ia mengatakan bahwa budaya orang timur memberikan perhatian kepada orang tua sampai dengan akhir hayatnya.

"Maka bersyukurlah bagi yang masih memiliki ayah dan ibu," kata dia.

Pemerintah provinsi setempat, katanya, akan memperbaiki fasilitas pembinaan para lansia mulai dari infrastruktur hingga pelayanan melalui kerja sama dengan pihak ketiga.

"Yang jelas, semua pihak harus terlibat dan berikan kenyamanan kepada para lansia, sedangkan untuk keluarga diimbau juga untuk rajin mengunjungi dan meninjau orang tuanya," kata dia.
 

SHARE