SHARE
CARAPANDANG.COM - Tokoh dan tenaga pendidik yang tergabung dalam Forum Tokoh Pendidik Kalimantan Barat, mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan pada Selasa (16/7). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Deal Cafe Pontianak ini dihadiri sekitar 150 tokoh dan tenaga pendidik yang berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Kota Pontianak.

Anggota MPR RI dari Kelompok DPD RI Drs. H. Abdul Rahmi yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, negara Indonesia saat ini harus mulai masuk dalam jajaran elit negara dunia, setidaknya  menjadi negara 5 besar dunia.

Maka itu, ia berharap kepada para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh pendidik serta tenaga pendidik  yang hadir pada kegiatan ini menjadi duta dan juru bicara dari semua tingkat elemen masyarakat, palajar, dan mahasiswa untuk menyampaikan kembali 4 Pilar Kebangsaan ini.

"Menjadi bangsa yang besar dalam 5 besar elit dunia adalah keniscayaan. Kita semua inilah yang diharapkan sebagai duta dan juru bicara untuk menyampaikan kepada seluruh elemen masyarakat, pelajar, dan mahasiswa untuk menyampaikan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

Senator dari Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat ini mengajak kepada seluruh elemen masyarakat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga persatuan dan kesatauan bisa dijaga, serta norma - norma saling menghormati dan menghargai bisa dikembangkan kembali di tengah masyarakat sehingga menjadi energi besar untuk bangsa Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan dengan dilakukan sosialisasi terkait 4 Pilar Kebangsaan semakin banyak orang yang semakin cinta Pancasila. Dia menambahkan jika Pancasila diterapkan dengan benar akan membuat proses jalannya Pemerintah yang bertujuan keadilan dan kemakmuran bagi masyarakat akan tercapai.

"Pemerintah dapat membuat sebuah sosialisasi serupa terkait nilai-nilai Pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat, kepada guru, pegawai, pemuda, mahasiswa, dan seluruh lapisan masyarakat," harapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Forum Tokoh Pendidik Kalbar Suryatono, S.PdI berharap adanya sosialisasi ini para pendidik dapat memberikan pengetahuan terkait 4 Pilar Kebangsaan kepada anak didik dan lingkungannya.

"Harapan saya, tokoh dan tenaga pendidik yang tergabung di Forum Tokoh Pendidik Kalbar dapat mempresentasikan tentang 4 pilar Kebangsaan ini kepada peserta didik dan lingkungannya,"harapnya.

Ia mengingatkan, saat ini merupakan era digital sehingga kita diharapkan mampu menerapkan 4 Pilar Kebangsaan dengan cara inspiratif dan mudah dimengerti seluruh elemen.  "Pelajar, Mahasiswa, dan masyarakat saat ini sudah canggih-canggih dengan media, dan tidak semua media yang mereka terima positif, oleh karena itu, saya harapkan dengan ini bisa membuat kita menerapkan lebih kuat lagi terkait 4 Pilar Kebangsaan kepada mereka," pungkasnya.

SHARE