SHARE
CARAPANDANG.COM - Indonesia membutuhkan pemerintahan yang kuat agar program pembangunan berjalan efektif,  namun pada saat yang bersamaan fungsi pengawasan di parlemen harus tetap berjalan.

Demikian disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, Kamis (25/7).

Maka itu mekanisme check and balances harus tetap terjaga dengan baik di di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Wajah seperti ini telah sesuai dengan amanat konstitusi. Dengan tegaknya mekanisme check and balances tersebut, akan memperkuat sistem demokrasi dan pemerintahan itu sendiri.

"Apa pun format dan wajah kabinet mendatang, kami berharap sebaiknya mekanisme check and balances, antara pemerintah dan DPR tetap terjaga dengan baik, sesuai dengan amanat konstitusi," imbuhnya. 

Lebih lanjut politisi Partai Golkar mengapresiasi pertemuan Jokowi dan Prabowo beberapa waktu lalu dapat obati "luka" di tengah masyarakat karena sudah saatnya menatap ke depan dan mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu kembali dan bersama-sama membangun bangsa demi kemajuan negeri. Ia memahami bahwa ke depan adalah waktu yang tersedia bagi Presiden dan Wakil Presiden untuk melakukan seleksi dan simulasi mengenai format serta wajah kabinet seperti apa yang akan dibangun ke depan.

"Karena hak proregatif ada di tangan Presiden, pilih putra/putri terbaik bangsa, baik yang berasal dari partai politik maupun nonpartai politik, agar akselerasi pembangunan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan," katanya.

SHARE