SHARE
CARAPANDANG.COM - Anggota DPD/MPR RI  dapil Kalbar, Drs. H. Abdul Rahmi mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pasalnya Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia.

“Disamping common ideologi, Pancasila juga merupakan kristalisasi nilai yang ada di masyarakat, karena masyarakat Indonesia ini adalah masyarakat yang berketuhanan, berkeadilan, yang mana memiliki tradisi bermusyawarah dan sudah sepakat untuk membangun kesatuan nasional,” ujarnya saat melaksanakan Sosialisasi kepada Tokoh Masyarakat di Aula Kantor Kelurahan Akcaya, Rabu (28/8).

Pancasila sebagai ideologi bangsa harus terus ditanamkan dan tertancap kuat. Pancasila merupakan pesan agung dari para pendiri bangsa yang sangat luar biasa yang harus terus dijaga.

“Masyarakat kita harus memperkuat ini, karena Pancasila adalah peninggalan yang sangat luar biasa. Pancasila dari sejarahnya merupakan suatu gagasan narasi besar yang harus kita akui,” ujarnya.

Menurutnya, Pancasila merupakan sebuah karya besar dari kehebatan para founding fathers bangsa Indonesia di dalam meracik sebuah ideologi. “Pancasila ini sebenarnya punya suatu gambaran cita-cita masyarakat yang ideal, bahwa masyarakat yang ber-Pancasila ini sebenarnya masyarakat yang berperadaban tinggi,” imbuh Tokoh Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) ini.

Lebih lanjut dia mengatakan dengan memiliki peradaban yang tinggi, maka sejatinya masyarakat dan bangsa Indonesia dapat menjadi Negara Elit Dunia. Pasalnya Pancasila merupakan sebuah kekuatan, sebuah ide yang berakar di Indonesia.

“Dalam Pancasila terkandung nilai-nilai yang dapat membangun sistem dalam masyarakat Indonesia, bahkan dapat membawa Indonesia hijrah dari negara berkembang menjadi negara elit dunia,”katanya.

Oleh karena itu, Pancasila merupakan ideologi dan juga kekuatan bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai dasar negara. Jika Pancasila diamalkan dengan baik, maka kehidupan bangsa kita saat ini akan harmonis, bisa saling berdampingan serta mencapai keadilan sosial.

Maka itu dia mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak menjadikan Pancasila sebagai simbol belaka. Pancasila harus di amalkan dalam kehidupan sehari–hari.

“Pancasila sebagaimana kita yakini merupakan jiwa, kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Disamping itu Pancasila juga, telah dibuktikan dengan kenyataan sejarah bahwa Pancasila merupakan sumber kekuatan bagi perjuangan karena menjadikan bangsa Indonesia bersatu,” ujarnya.

SHARE