SHARE
CARAPANDANG.COM – Keberhasilan presentasi dipengaruhi oleh kemampuan Anda dalam mengenali pendengar yang akan mendengarkan presentasi.

Pendengar dapat dikenali dengan mengidentifikasinya berdasarkan cara belajar dan cara mengambil keputusan.

To communicate, we must realize that we are all different in the way we perceive the world, and use this understanding as a guide to our communication with others.’

- Tony Robbins

Pada akhir tahun 1980, Alan Rowe, James Boulgarides, dan Richard Mason membagi cara seseorang mengambil keputusan ke dalam 4 kelompok:

Directive

 Tipe ini menyukai gambaran besar dan melihat sesuatu secara jangka panjang. Mereka lebih tertarik kepada konsep dan tidak menyukai penjabaran yang terlalu mendetail.

Analytical

 Tipe ini menyukai sesuatu yang detail dan membutuhkan analisis. Anda harus mempersiapkan diri untuk mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan detail yang bakal diajukan.

Behavioral

 Tipe ini sangat memperhatikan dampak sebuah perubahan terhadap orang lain dan perusahaan. Anda harus mampu menjelaskan bagaimana perubahan yang akan dilakukan dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan perusahaan.

Bila Anda mempunyai kesempatan bertemu dengan pelanggan sebelum melakukan presentasi, Anda dapat mengajukan pertanyaan untuk lebih mengenal profil pendengar dengan lebih baik.

Dengan memahami pendengar melalui cara belajar dan cara mengambil keputusan, Anda akan dapat mempersiapkan isi materi presentasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Semakin sesuai presentasi yang Anda berikan, semakin tinggi tingkat keberhasilan presentasi Anda.

Sumber: Standing Selling (Dedy Budiman)

SHARE