SHARE
CARAPANDANG.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur telah mengumumkan rencana perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Dia mengatakan, jumlah perekrutan yang akan dilakukan kisaran 132.000 sampai 154.000 orang. Kabar bahagianya, jumlah tersebut diluar dari tenaga Kesehatan dan guru.

"Setelah dikaji, angka yang didapat sekitaran 132 ribu sampai 154 ribu. Itu diluar dari tenaga guru dan kesehatan," kata Asman Abnur, Jumat (23/3/2018).

Menteri asal Provinsi Kepulauan Riau tersebut mengatakan, angka perekrutan tersebut berdasarkan jumlah ASN yang pensiun. Pemerintah sepakat menerapkan zero atau minus growth, jadi tidak boleh lebih dari angka pensiun.

"Angka perekrutan tidak boleh melebihi jumlah pensiun. Jumlah formasi yang akan kita terima setidaknya 60-70% dari angka pensiun," kata Asman Abnur, Jumat (23/3/2018).

Saat ini, kata dia, Pemerintah masih melakukan verifikasi terhadap usulan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan dibuka pada 2018 ini. 

Asman mengatakan Kemenpan-RB saat ini terus melakukan kajian jumlah formasi yang tepat. Dia menargetkan agar jumlah formasi dapat segera ditetapkan. 

"Jadi, nanti secara hitung-hitungan kami tuntaskan sebelum bulan Mei. Kami berharap bulan Mei sudah kami tetapkan, termasuk kebutuhan formasi daerah," tuturnya.

SHARE