SHARE
CARAPANDANG.COM - Sejarah dan peristiwa penting tanggal 27 April berkaitan dengan Lembaga Pemasyarakatan atau (Lapas). Dilansir dari situs Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia disebutkan bahwa tanggal 27 April diperingati sebagai hari Lembaga Pemasyarakatan.

Lembaga pemasyarakatan memiliki sejarah panjang mengiringi perkembangan Indonesia. Masih dari situs yang sama, sejarah mengenai perkembangan lembaga pemasyarakatan sudah dimulai semenjak tahun 1872 hingga 1905

periode pidana kerja paksa yang ditandai dengan terdapatnya jenis hukum pidana khusus untuk orang Indonesia dan Eropa. Tahun 1905 penjara sentral wilayah mulai dibuat yang diperuntukan bagi terpidana kerja paksa. Dan terus berkembang untuk perbaikan sistem kepenjaraan.

Seiring berjalannya waktu dan telah memasuki periode kemerdekaan dan telah memasuki babak baru dimana untuk sementara waktu sistem kepenjaraan Indonesia diambil alih oleh tantara.

Istilah pemasyarakatan sendiri disampaikan pertama kali oleh Almarhum Bapak Sahardjo, SH. Yang menyatakan bahwa pemasyarakatan sebagai tujuan dari pidana penjara. Kemudian pada tanggl 27 April 1964 pemasyarakatan dibakukan sebagai pengganti kepenjaraan dalam Konferensi Jawatan Kepenjaraan.

SHARE