SHARE
CARAPANDANG.COM - Sejarah dan peristiwa penting tanggal 30 April berkaitan dengan salah satu aliran musik yang terkenal di seluruh dunia serta memiliki sejarah tersendiri dengan eksistensinya hingga sekarang. Dilansir dari situs Perserikatan Bangsa – Bangsa mengenai hari internasional disebutkan bahwa taggal 30 April diperingati sebagai hari Jazz Internasional.

UNESCO sebagai salah satu organisasi PBB meresmikan 30 April sebagai hari internasional pada saat konferensi umum tahun 2011. Menurut situs UNESCO pendirian hari jazz ini berdasarkan hasil kordinasi dengan Thelonius Monk Institut of Jazz. Hasil sidang umum tersebut mengakui peran jazz dalam mempromosikan kebebasan, kreativitas, dialog antar budaya, serta menyatukan masyarakat dunia.

Menurut PBB jazz adalah aliran musik unik yang berasal dari bagian selatan Amerika. Namun aliran musik ini disinyalir berasal dari Afrika yang kemudian menggabungkan antara dua tradisi yaitu Eropa dan Afrika. Jazz kemudian berkembang menjadi contoh toleransi, kerjasama, improvisasi dan menjadi forum pertama untuk berekspresi tanpa mengenal gender.

Era seblum tahun 1920, semua musik dibawakan oleh pria namun setelah adanya musik jazz perempuan mulai ikut andil dalam komposisi penyaji musik tersebut. Jazz sendiri telah dimainkan di Saint Petersburg sejak tahun 1927 berbarengan dengan konser jazz untuk pertama kali di Rusia.

Memasuki tahun 2018. Jazz masih tetap hidup sebagai salah satu aliran musik legenda yang memiliki ke khasan dalam alunan nadanya. Pendengar jazz diseluruh dunia yang hampir sekitar 190 negara akan bersama merayakan hari jazz internasional ini.

SHARE