SHARE
CARAPANDANG.COM - Sejarah tanggal 2 Mei berkaitan dengan Pendidikan Nasional. Dilansir dari website Sekretariat Kabinet Republik Indonesia tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1959.

Alasan digunakannya tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas karena memperingati kelahiran Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara sebagai pelopor pendidikan Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Ki Hajar Dewantara lahir di era kolonialisme Belanda, sebagai seorang yang dikenal berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia-Belanda yaitu hanya anak-anak Belanda dan anak orang-orang kaya yang boleh bersekolah. Dan akhirnya Ki Hajar Dewantara diasingkan ke Belanda.

Ketika Ki Hajar Dewantara kembali ke Indonesia, beliau mendirikan lembaga pendidikan Taman Siswa dan diangkat menjadi menteri pendidikan setelah masa kemerdekaan Indonesia. Beliau meninggal pada 26 April 1959.

Filosofi Ki Hajar Dewantara yang hingga saat ini kita kenal yaitu “Tut Wuri Handayani” yang berarti “di belakang memberikan dorongan” dijadikan sebagai semboyan dunia pendidikan Indonesia dan diharapkan sosok Ki Hajar Dewantara menjadi teladan untuk semangat membangun pendidikan Indonesia lebih maju dan baik.

SHARE