SHARE
CARAPANDANG.COM – Siapa suksesor Zinedine Zidane di kursi pelatih Real Madrid terjawab sudah. Klub peraih 13 gelar juara Liga Champions telah mengumumkan Julen Lopetegui sebagai juru taktik Sergio Ramos Cs pada musim mendatang. Lopetegui kini akan fokus terlebih dahulu membesut Spanyol di Piala Dunia 2018.

Keputusan Si Putih mengontrak Lopetegui tergolong kejutan. Dikarenakan Lopetegui baru sebulan yang lalu memperpanjang kontrak sebagai pelatih timnas Spanyol hingga 2020. Lopetegui sebelumnya juga tidak dirumorkan akan menjadi nakhoda para pemain bintang di Santiago Bernabeu tersebut.

Lopetegui ketika masih menjadi pemain, pernah bermain 1 kali bagi Real Madrid. Lalu dirinya pindah ke tim rival abadi yakni Barcelona. Jika mau melihat kemilau Lopetegui sebagai juru taktik maka kemampuannya meracik tim usia muda menjadi curriculum vitae positif. Ia pernah menjadi pelatih tim muda Madrid, Castilla pada 2008/2009. Mantan penjaga gawang ini sukses mengantarkan tim muda Spanyol menjadi juara U19 pada Kejuaraan Eropa 2012. Lalu dia juga mengantarkan tim muda Spanyol menjadi kampiun U21.

Namun kiprah Lopetegui di klub mengkhawatirkan. Ia dipecat ketika menukangi Rayo Vallecano yang kala itu berkiprah di divisi dua Liga Spanyol pada 2003. Ia juga dipecat oleh Porto setelah gagal mempersembahkan gelar di kurun 2014-16.

Kiprah Lopetegui dinanti untuk menjadi juru taktik Real Madrid. Sejumlah tantangan terbentang sebagai juara bertahan Liga Champions. Di Liga Spanyol, Real Madrid juga diharapkan mampu menjadi kompetitor juara dan tidak tercecer jauh dari rivalnya Barcelona. Dan tentu saja Lopetegui harus meredam ego para pemain bintang di skuat Real Madrid.

SHARE