Sukses Jalankan Program KB, Desa Pohuwato Dinilai Wakili Kabupaten ke Tingkat Provinsi Gorontalo

SHARE

Kampung Keluarga Berkualitas Desa Pohuwato


Laporan: Hamid Toliu

POHUWATO, CARAPANDANG.COM - Kampung KB "Sehat Mandiri" di Desa Pohuwato Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato, ikuti penilaian Kampung KB tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2023, penilaian tersebut berlangsung di halaman rumah Data Kampung KB Desa Pohuwato, Sabtu (18/02/2023).

Bupati Pohuwato diwakili Kepala DP3AP2KB Kabupaten Pohuwato Hamkawaty M. Mbuinga mengatakan, Kampung KB di Desa Pohuwato Kecamatan Marisa ini dicanangkan pada tahun 2022.

"Saya mewakili pemerintah mengucapkan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada tim penilai di Desa Pohuwato sebagai kampung KB di Kecamatan Marisa yang alhamdulillah ini semua berkat dukungan dari semua pihak," kata Hamkawaty Mbuinga.

Adapun rumah data ini, menurut Hamkawaty, adalah rumah pribadi dari Ketua TP-PKK Desa Pohuwato yang kemudian dipinjamkan untuk sekretariat rumah dataku.

"Insha Allah semua data yang ada ini adalah data-data yang terupdate yang didukung oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Pohuwato dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Marisa dan Pokja kampung KB di Desa Pohuwato yang diketuai langsung oleh Kepala Desa Pohuwato Bapak Ramlan Kajim," ungkap Hamkawaty Mbuinga.

Hamkawaty mengungkapkan, untuk penilaian kampung KB ini, pihaknya sebagai OPD yang membidangi kampung KB berharap apa yang dilakukan tidak semata-mata hanya untuk mengikuti lomba.

"Saya berharap ini akan berlangsung terus dan lebih serius lagi dalam meningkatkan capaian program KB, guna mensejahterakan masyarakat dan kampung KB khususnya," ujar Hamkawaty Mbuinga.

Sementara itu, Selvi Neu selaku Ketua Tim Rombongan menjelaskan, kedatangan tim dari Provinsi Gorontalo bukan hanya melakukan penilaian, tetapi juga untuk melihat perubahan apa yang sangat signifikan dari Kampung KB di Desa Pohuwato Kecamatan Marisa ini, semenjak dicanangkan pada tahun 2022 yang lalu sebagai indikator keberhasilan dari pembentukan Kampung KB.

"Apa yang disampaikan oleh Ibu Kadis tadi, jangan sampai data ini hanya habis di penilaian di buka namun setelah itu di tutup. Karena data ini merupakan sumber dari segala macam program kegiatan, sehingga data-data ini sangat penting. Kami berharap tidak seperti itu, jangan sampai hanya seremonial nya saja," kata Selvi Neu. 

Ditempat yang sama, Ketua TP-PKK Desa Pohuwato, mengucapkan terimakasih kepada tim penilai dari Provinsi Gorontalo yang telah mengikutsertakan Kampung KB Desa Pohuwato untuk menjadi nominasi pada pemilihan Kampung KB terbaik se-Provinsi Gorontalo.

"Dengan hadirnya Kampung KB di Desa Pohuwato ini, alhamdulillah masyarakat sudah banyak perubahan, terimakasih kepada Dinas P3AP2KB yang telah mengembangkan dan membangun Kampung KB dilingkungan ini," kata Eva.

"Saya berharap Kampung KB di Desa Pohuwato ini menjadi juara di tingkat Provinsi dan mampu meraih prestasi saat mewakili provinsi pada level yang lebih tinggi lagi," imbuhnya.

Laporan: Hamid Toliu