Bandar Udara Pattimura Ambon Raih Penghargaan Bandara Terbaik di Kawasan Asia Pasifik

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Maluku, meraih penghargaan bandara terbaik di kawasan Asia Pasifik pada Airport Service Quality (ASQ) Awards 2021.

Penghargaan diberikan Airport Council International (ACI) kepada Bandar Udara internasional Pattimura Ambon dalam kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun, kata General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Pribadi Maulana, Sabtu (12/3). 

Pencapaian ini merupakan bentuk pengakuan upaya berkelanjutan yang telah diberikan oleh Bandara Internasional Pattimura Ambon dalam menjaga dan meningkatkan standar pelayanan.

Upaya berkelanjutan tersebut dibuktikan dari peningkatan skor dalam penilaian pelayanan bandara melalui program Airport Service Quality (ASQ) sepanjang tahun 2021.

Pada triwulan pertama tahun 2021 (Januari – Maret 2021), Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon memperoleh skor penilaian 4,65.

Selanjutnya, berturut-turut memperoleh skor penilaian 4,89 pada triwulan kedua tahun 2021 (April – Juni 2021), skor penilaian 4,97, pada triwulan ketiga (Juli – September 2021), dan skor penilaian 4,98 pada triwulan keempat (Oktober – Desember 2021).

Ia mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bagian pencapaian PT Angkasa Pura I yang juga memperoleh penghargaan serupa pada bandara lain yang dikelola.

Bandara tersebut antara lain Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta sebagai best airport kawasan Asia Pasifik, kategori Bandara dengan kapasitas 2 sampai 5 juta penumpang per tahun.

Penghargaan ini katanya, semakin melengkapi pencapaian Bandara Internasional Pattimura Ambon yang sebelumnya memperoleh apresiasi “The 2021 Voice of The Customer Recognition” dari Airport Council International (ACI).

Apresiasi ini diberikan kepada Bandara Internasional Pattimura Ambon sebagai bandara yang terus memprioritaskan konsumen, dan tetap berkomitmen untuk memastikan suara konsumen tetap didengar selama berlangsungnya pandemi COVID-19 tahun 2021.

Bandara Internasional Pattimura Ambon, telah melakukan usaha yang signifikan dalam mengumpulkan feedback dari penumpang melalui program Airport Service Quality (ASQ).

Usaha ini membantu bandara untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan sekaligus memberikan informasi secara berkelanjutan terkait pelayanan prima dari bandara kepada pelanggan.

"Keberhasilan tersebut merupakan wujud komitmen dan upaya PT Angkasa Pura I untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna Bandara Pattimura Ambon," katanya.