SHARE

4 Manfaat Tidur Tanpa Busana, Bisa Cegah Berat Badan Naik

CARAPANDANG.COM - Tidur memang kegiatan yang simpel dan kita lakukan setiap hari. Meski begitu jangan remehkan tidur, karena itu merupakan waktu penting yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Saat tidur, tubuh mampu memperbaiki sistem metabolisme, mengembalikan energi yang hilang, dan yang terpenting adalah memperbaiki sel yang rusak secara alami. Tapi, pernahkah Anda mengetahui manfaat dari tidur telanjang?

Selama ini, orang-orang seringkali tidur dengan mengenakan pakaian. Padahal, tidur telanjang juga punya manfaat bagus untuk kesehatan. Tak hanya membuat tidur lebih nyenyak, tidur tanpa busana atau telanjang secara ilmiah terbukti bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara.

Apa saja? Dilansir dari laman BoldSky Online, setidaknya ada empat manfaat dari tidur tanpa pakaian bagi kesehatan Anda.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Anda mungkin sudah tahu kalau tidur di lingkungan yang lebih dingin dapat membantu tertidur lebih baik dan lebih cepat. Suhu kamar yang ideal untuk tidur, terutama kalau menggunakan pendingin udara adalah 15,6-19,4 ° C.

Ternyata tidur tanpa busana adalah cara terbaik untuk menjaga suhu internal tubuh tetap rendah. Itu karena pendinginan tubuh Anda tidak hanya membantu tertidur lebih cepat namun juga meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Mengurangi Risiko Penyakit

Tidur telanjang bukan hanya meningkatkan kualitas tidur dan membuat tubuh cukup istirahat, tapi juga bisa membantu mengurangi risiko diabetes, yang juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini terbukti bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit terutama diabetes tipe 2.

Mencegah Berat Badan Naik

Penelitian menunjukkan hubungan antara kurang tidur dan penambahan berat badan, hasilnya mereka yang tidur sama dengan atau kurang dari lima jam per malam lebih mungkin untuk menambah berat badan yang tidak sehat. Selain meningkatkan kualitas tidur dan menghindari risiko kenaikan berat badan, tidur telanjang juga membantu dengan meningkatkan kemampuan pembakaran kalori.

Membantu Mengelola Stres

Studi menunjukkan, kualitas tidur yang buruk berhubungan dengan depresi, peningkatan risiko bunuh diri, stres dan kecemasan. Karena itu tidur telanjang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu Anda tertidur lebih cepat.  Hal ini membantu mengurangi stres dan kecemasan secara keseluruhan.

 
Tags
SHARE