SHARE

istimewa

CARAPANDANG COM- Biasanya musim hujan tubuh lebih mudah terserang penyakit seperti demam, flu, batuk, masuk angin dan penyakit lainnya. Hal tersebut disebabkan karena pada saat musim hujan mikroba lebih mudah untuk berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia. Menjaga tubuh agar tetap sehat tentu merupakan suatu kewajiban yang setiap hari harus kita jalankan, terlebih lagi ketika musim hujan.

Nah jika daya tahan tubuh kita lemah pastinya akan sangat mudah penyakit menyerang tubuh kita. Untuk itu kita harus menjaga tubuh kita dengan baik supaya tidak mudah terserang penyakit atau tertular penyakit, berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan saat musim hujan.

1. Menyediakan stok bahan sehat di rumah

Biasanya saat musim hujan perut akan mudah lapar, tidak sedikit orang memilih untuk menunda makan dengan alasan menunggu hujan reda. Padahal menunda makan itu jelas gak baik buat kesehatan, nah biar kamu gak selalu nunda makan dan gak perlu kehujanan untuk membeli makanan, sebaiknya kamu menyediakan stok bahan makanan supaya saat lapar kamu bisa masak di dapur, selain lebih irit memakan makanan yang baru dimasak saat musim hujan pastinya bikin tubuh kita tetap hangat.

Coba masak sup panas untuk memanjakan tubuh atau makanan lainnya yang mengadung vitamin C agar sistem kekebalan tubuh terjaga. Jangan lupa juga untuk mencuci buah-buahan dan sayuran secara menyeluruh sebelum diolah atau dikonsumsi.

2. Mencuci Tangan dengan Air Bersih

Cuci tangan secara teratur adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan terutama dari batuk dan pilek selama musim hujan.

Selain itu mencegah virus dan bakteri jahat lainnya sehingga penyakit tidak tersebar. Pastikan untuk mencuci selama 20-30 detik dengan air hangat dan sabun antibakteri.

Jadi jangan lupa cuci tangan sebaiknya menggunakan air pada kran yang mengalir dengan benar perhatikan jari-jari, bagian bawah kuku, dan bagian atas tangan, bilas, pastikan selalu bersih.

3. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C, baik dalam bentuk alami atau sebagai suplemen makanan dapat membantu mempercepat pemulihan dari virus flu. Meskipun masih diperdebatkan di kalangan dokter apakah vitamin C adalah obat untuk flu, mencukupi asupan vitamin C bisa memperkuat daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang flu. Cobalah untuk mengonsumsi makanan mengandung vitamin C seperti paprika merah dan hijau, pepaya dan nanas agar kita tidak mudah jatuh sakit.

4. Konsumsi Air Hangat

Selain terasa nikmat, mengonsumsi minuman hangat di musim hujan juga sangat baik untuk kesehatan kita. Kita bisa mengonsumsi teh hijau atau cokelat panas. Selain itu, kita juga bisa mencoba semangkuk sup panas agar suhu tubuh kita tetap hangat.

Cara tersebut bisa membuat kita tidak muda mengalami masuk angin atau infeksi yang bisa terjadi karena perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba.

5. Istirahat yang cukup

Meskipun ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sebaiknya kamu gak mengabaikan waktu untuk istirahat. Hindari bergadang saat malam hari, ketika merasa ngantuk dan lelah sebaiknya kamu menyegerakan diri untuk beristirahat, pastikan tubuh mendapatkan porsi tidur yang cukup. Karena jika berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot.

Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

6. Menjaga Kebersihan Rumah

Saat musim hujan kamu harus lebih rajin lagi membersihkan rumah, perhatikanlah kebersihan lantai, dapur, kamar mandi. Selain itu juga pastikan bagian dalam rumah mendapatkan sirkulasi udara supaya tidak pengap dan lembap.

Hindari menggantung pakaian selama berhari-hari supaya tidak menjadi sarang nyamuk. Selain menjaga kebersihan di dalam rumah jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah.

Segera bakar sampah jangan biarkan menumpuk, perhatikan juga selokan tempat pembuangan air, segera bersihkan jika terdapat banyak sampah, ingatlah selalu bahwa sampah adalah sarang penyakit, untuk itu tetaplah selalu menjaga kebersihannya supaya kesehatanmu tetap terjaga.

7. Menjaga kesehatan Usus

Dengan 70-80% dari sistem kekebalan yang berada di sepanjang saluran pencernaan, ada hubungan yang kuat antara mikrobiota usus dan kesehatan secara keseluruhan. Sederhananya, ketika bakteri usus benar-benar seimbang, maka kamu memiliki populasi bakteri menguntungkan yang berkembang yang mendukung sistem kekebalan tubuhmu. Carilah suplemen probiotik berkualitas untuk meningkatkan sistem kekebalan seluruh keluarga.

8. Perhatikan Asupan Makanan

Saat suhu dingin, kita cenderung mengonsumsi air dalam jumlah yang lebih sedikit karena kita tidak mudah merasa haus. Padahal, dehidrasi tak selalu ditandai dengan rasa haus. Jadi, tetaplah minum air meski kita tidak merasa haus.

Cairan adalah elemen penting bagi tubuh karena membantu kita mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi, cukupilah kebutuhan cairan tubuh kita. Perhatikan asupan nutrisi dan jangan makan sembarangan saat musim hujan. Sebaiknya, kita memasak sendiri makanan yang kita konsumsi agar kebersihan dan nutrisnya terjamin.


 



 



 

SHARE