5000 Kartu Pembayaran Non Tunai Telah Dibagikan Ke ASN Tanjungpinang

SHARE

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono


CARAPANDANG.COM - Pemerintah Kota Tanjungpinang semakin serius mendorong aktivitas pembayaran nontunai bagi para pegawai di lingkungannya. Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono menjelaskan, baru-baru ini sudah dibagikan lebih kepada lima ribu pegawai kartu pembayaran nontunai yang difasilitasi sebuah bank swasta.

Riono bahkan berharap dimulai dari para pegawai dan aktivitas pembayaran nontunai ini bisa ditularkan kepada masyarakat lebih luas. "Kalau dapat jadi budaya, karena di negara-negara maju sudah pakai pembayaran nontunai untuk banyak transaksi," ujar Riono. 

Menurut Riono, tidak ada yang berbeda secara khusus dalam pembayaran aktivitas nontunai. Hanya saja, ia merasa lebih ringkas karena tidak Lagi perlu membawa uang tunai sampai tebal di sakunya. Untuk pembayaran parkir dan pas pelabuhan, misalnya. Riono meraasa dengan mengisi saldo di kartunya semakin praktis ketika pekerjaan dinas luar semakin sering dilakukan.

"Multifungsi sekali. Apalagi yang sering keluar dinas ke Batam," ujar Riono.

Namun, secara umum, dengan mulai diterapkannya aktivitas pembayaran nontunai terjadi sisi penghematan dalam skala kerja yang lebih masif.

"Pemborosannya adalah pembelian amplop, jadi biasanya bendahara sibuk nyiapin ratusan sampai ribuan amplop. Sekarang pembayaran beberapa pekerjaan di Pemko juga sudah nontunai,"  pungkas Riono.