SHARE

carapandang.com

CARAPANDANG.COM – Setiap dari Anda pastilah ingin selalu diapresiasi keberadaannya. Hasrat untuk menjadi penting adalah dorongan terdalam pada watak manusia. Prinsip terdalamnya adalah keinginan untuk dihargai sangat melekat pada setiap pribadi.

Hampir semua orang yang Anda temui merasa dirinya lebih unggul daripada Anda dalam satu atau dua hal. Di sinilah karakter pribadi Anda akan diperlihatkan. Rasa empati dan menghargai terhadap orang di depan Anda sangatlah dibutuhkan. Hidup ya seperti ini! Kadang Ego haruslah ditanggalkan.

Dale Carnegie dalam bukunya How To Win Friends & Influence People, menjelaskan ada 6 prinsip cara untuk membuat orang menyukai Anda.

Prinsip 1. Beri perhatian yang sungguh pada orang lain.

Tulus. Kata tepat menggambarkan prinsip ini. Semua yang Anda lakukan pada orang lain haruslah tulus. Tanpa maksud tak jelas yang akan merusak hubungan itu.

Prinsip 2. Tersenyumlah.

Tahukah Anda nilai dari sebuah senyuman?  Ia gratis, tapi banyak mencipta; Ia memperkaya penerimanya, tanpa memiskinkan pemberinya; Ia terjadi dalam sekilas, tapi kenangannya bias berlangsung selamanya; Ia menciptakan kebahagian dalam rumah, membangun niat baik dalam bisnis, dan mengeratkan pertemanan; Ia tidak bias dibeli, dipinjam, karena ia ada karena tercipta sendirinya.

Prinsip 3. Ingatlah bahwa nama seseorang, bagi pemiliknya, merupakan bunyi yang paling merdu dan paling penting.

Prinsip 4. Jadilah pendengar yang baik. Doronglah orang lain untuk bicara banyak tentang dirinya sendiri.

Prinsip 5. Berbicaralah sesuai minat orang lain.

Bicara dalam konteks kepentingan orang lain akan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Secara umum Anda telah memperkaya hidup Anda setiap kali bicara dengan orang lain.

Prinsip 6. Cobalah dengan sejujurnya membuat agar orang lain merasa dirinya penting.

SHARE