SHARE

istimewa

CARAPANDANG.COM- Langkah mencegah virus corona COVID-19 perlu dilakukan dengan penuh perhatian. Perilaku disiplin dalam menjaga kebersihan diri dapat menjauhkan seseorang dari virus yang telah telah menyerang ribuan orang di berbagai belahan dunia dan menelan banyak korban jiwa, termasuk di Indonesia.

Bagi kamu yang terpaksa harus tetap keluar rumah pada saat merebaknya wabah virus coron COVID-19 ini, mestinya benar-benar memperhatikan kebersihan saat tiba di rumah. Hal ini karena pemicu penularan virus ini bisa terjadi di mana saja, dan kamu tidak bisa melihatnya.

Oleh karena itu jika kamu terpaksa harus ke luar rumah, pastikan sudah menerapkan beberapa tindakan pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19 setelah sampai di rumah. Dengan begini, kamu bisa menjaga kesehatan diri sendiri dan menjauhkan keluarga dari penularan virus Corona COVID-19 ini.

Berikut rangkum tentang langkah saat tiba di rumah setelah bepergian untuk cegah Corona dari berbagai sumber.

1. Lepas Alas Kaki Sebelum Masuk Rumah

Cara mencegah virus corona saat tiba di rumah setelah bepergian yang pertama adalah melepas alas kaki sebelum masuk rumah. Jika biasanya kamu meletakkan alas kaki di dalam kamar, segera pindahkan ke depan rumah agar kamu tidak perlu memasukkan alas kaki ke dalam rumah.

Melepas alas kaki sebelum masuk ke rumah adalah hal pertama yang perlu dilakukan saat sampai di rumah setelah bepergian. Alasannya, alas kaki yang kamu pakai akan membawa virus dan bakteri ketika kaki berkeringat. Hal tersebut dapat menyebabkan penyebaran virus jika kamu masukkan ke rumah atau meletakkannya di sembarang tempat.

2. Masuk Rumah Tanpa Memakai Alas Kaki

Setelah itu, kamu bisa masuk ke dalam rumah dengan bertelanjang kaki. Usahakan jangan memegang benda apapun yang berada di dalam rumah. Hindari berjabat tangan dengan keluarga sebelum mencuci tangan dan cukup ucapkan salam.

3. Buang Tanda Terima Pembelian

Cara mencegah corona saat tiba di rumah setelah bepergian selanjutnya adalah dengan membuang tanda terima pembelian atau kertas yang tidak terpakai. Ketika membeli kebutuhan pokok, biasanya swalayan akan memberikan bukti pembayaran atau struk.

Sebaiknya buang segera struk tersebut. Tanda terima pembelian akan membawa virus dan penyakit karna dipegang oleh kasir yang tidak kita ketahui apakah terinfeksi virus atau tidak.

4. Hancurkan Masker Satu Kali Pakai dan Buang ke Tempat Sampah

Menghancurkan masker satu kali pakai dan membuangnya ke tempat sampah juga merupakan salah satu cara mencegah corona saat tiba di rumah setelah bepergian. Jika memakai masker sekali pakai, sebelum masuk ke dalam rumah hancurkan masker tersebut lalu buang ke tempat sampah.

Menghancurkan masker bisa dilakukan dengan cara menggunting masker dan masukkan ke dalam plastik sebelum membuangnya ke tempat sampah. Hal tersebut untuk menghindari penyebaran virus yang telah mengontaminasi masker jika terpegang oleh orang lain. Namun, jika kamu memakai masker kain segera lepas masker dan langsung cuci menggunakan sabun.

5. Semprot Alkohol Disinfektan pada Pakaian, Ponsel, Kacamata, Kunci

Selanjutnya, kamu dapat menyemprotkan cairan desinfektan pada barang-barang yang menempel atau yang dibawa ketika bepergian. Misalnya, sepatu, pakaian, ponsel, tas, laptop, atau perangkat kerja lainnya.

Cara mencegah corona saat tiba di rumah setelah bepergian satu ini perlu dilakukan agar bakteri atau virus yang menempel pada benda-benda tersebut hilang. Kandungan alkohol serta konsentrasi biosida yang tinggi dalam cairan desinfektan diyakini efektif untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun, yang menjadi perantara virus atau bakteri berbahaya, bila dihirup atau disentuh manusia.

6. Jangan Sentuh Apapun dan Langsung Cuci Tangan Pakai Sabun

Cara mencegah corona saat tiba di rumah setelah bepergian selanjutnya adalah mencuci tangan pakai sabun. Setelah di dalam rumah, usahakan langsung ke sumber air, wastafel, atau kamar mandi untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Hal ini untuk membunuh kuman dan virus yang menempel di tangan kalian.

Biasakan ketika sampai rumah, jangan menyentuh apapun seperti main handphone terlebih dahulu, atau duduk santai sambil rebahan. Hindari juga kontak langsung dengan anak-anak maupun anggota keluarga lainnya.

7. Jangan Rebahan Sebelum Mandi dan Ganti Baju

Kamu yang biasanya langsung rebahan atau tidur-tiduran saat tiba di rumah setelah bepergian harus menghidnari kebiasaan tersebut. Kamu harus memastikan tubuhmu bersih dari virus agar tidak mengontaminasi barang-barang di dalam kamar.

Oleh karena itu, kamu harus mandi dan mengganti semua pakaian terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai kegiatan lainnya di rumah.

8. Mandi Sampai Bersih

Mandi merupakan salah satu cara mencegah corona saat tiba di rumah setelah bepergian yang harus kamu lakukan. Setelah bepergian, banyak debu dan polusi yang menempel di tubuh. Kuman maupun virus yang menempel bisa dihilangkan dengan cara mandi.

Kamu harus membersihkan badan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Mandi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kuman maupun mencegah virus corona yang efektif.

Selain itu, kamu bisa menyiapkan handuk pada pagi hari sebelum bepergian agar menghindarkan virus menempel di handuk.

9. Cuci Pakaian Kotor

Setelah mandi, pakaian kotor yang tadinya kamu gunakan harus segera dicuci. Jangan menggantung pakaian di kamar, apalagi menggunakannya kembali esok hari.

Hal ini karena, pakaian yang kalian kenakan tadi mungkin saja terdapat virus, bakteri, atau kuman yang menempel dari luar selama bepergian.

Jadi, lebih baik sesegera mungkin memasukkan pakaian kotor ke dalam keranjang atau segera mencucinya dengan detergen.

Setelah yakin terbebas dari virus dan bakteri yang bisa saja kamu dapatkan selama bepergian, barulah kamu bisa berbaring di tempat tidur untuk melepas penat atau bisa menyapa keluarga di rumah.

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan saat tiba di rumah setelah bepergian untuk mencegah Corona COVID-19.

 

Tags
SHARE