SHARE

Ilustrasi

CARAPANDANG.COM -   Angkatan Muda Majelis Dakwah Islamiyah (AMMDI) Kabupaten Indramayu Jiaul Haq sangat menyayangkan pernyataan yang disampaikan Kepala BPIP Yudian Wahyudi yang mengatakan bahwa musuh terbesar Pancasila itu agama. 

Haq menilai apa yang disampaikan oleh Kepala BPIP itu terkesan dia tidak mengetahui sejarah Pancasila. Jika melihat sejarah, kata Haq Pancasila dilahirkan oleh tokoh-tokoh bangsa yang memiliki pemahaman agama yang tinggi serta mereka juga mewakili organisasi agama, seperti dari Muhammadiyah dan NU. 

"Jadi Pancasila itu sebenarnya adalah produk agama atau orang beragama yang tujuannya secara ideolgis melindungi agama," ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Indramayu, Rabu (12/2).

Sehingga dia tegas mengatakan apa yang disampaikan Kepala BPIP tidak tepat. Seharusnya yang menjadi musuh Pancasila adalah ideologi selain Pancasila, bukan Agama.

"Jika kita melihat dari sejarah Pancasila tidak ada yang bertentangan atau bermusuhan dengan Agama, Pancasila itu sebuah ide (ideologi), jadi musuhnya mestinya ideologi lain," tegasnya.

SHARE