SHARE

Benarkah Santan Bisa Bikin Tekanan Darah Naik? Simak Nih!

CARAPANDANG.COM - Jika dilihat dari kandungan natrium dalam santan, tampaknya santan tidak bisa menyebabkan tekanan darah naik karena kandungan natriumnya hanya sedikit. Justru, kandungan kalium dalam santan yang tinggi dapat mencegah Anda dari tekanan darah tinggi.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi air perasan kelapa juga tidak baik karena kandungan lemaknya yang tinggi. Kandungan lemak yang tinggi dapat membuat asupan lemak dan kalori Anda berlebih, sehingga menyebabkan kenaikan berat badan.

Hal ini tentu buruk bagi Anda yang punya hipertensi. Karena, berat badan berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat membuat perburukan kondisi pasien hipertensi

Jika memang Anda mempunyai tekanan darah tinggi, Anda mungkin masih bisa mengonsumsi makanan yang mengandung santan. Namun, perhatikan jumlahnya. Jangan terlalu banyak!

Air perasan kelapa tampaknya tidak menyebabkan kadar kolesterol jahat Anda naik. Walaupun air perasan kelapa mengandung lemak jenuh yang tinggi, namun jenis asam lemak jenuh ini berbeda dari yang biasa ditemukan dalam produk hewani.

Asam lemak jenuh ini berbentuk asam laurat, di mana asam laurat akan diubah oleh tubuh menjadi monolaurin yang dapat bertindak sebagai antivirus dan antibakteri dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pun telah membuktikan bahwa asam laurat bermanfaat dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.