SHARE

Istimewa

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menggelar pertemuan di Kepatihan, Yogyakarta pada Jumat (16/10). 

Dalam pertemuan tersebut antara lain membahas rencana digitalisasi aksara Jawa.  "Menyampaikan rencana bersama kita untuk menyiapkan digitalisasi aksara Jawa," ujar Menkominfo usai bertemu Sultan.

Dia mengatakan bahwa digitaliasi aksara Jawa sangat penting dilakukan.  Sehingga kekayaan budaya yang dimiliki nenek moyang bangsa Indonesia bisa dipahami oleh generasi saat ini. 

"Digitalisasi aksara Jawa ini begitu pentingnya agar semua yang ada di prasasti-prasasti peninggalan budaya tinggi yang kita miliki dan peninggalan luhur kita bisa juga dipahami dan dimengerti generasi masa kini dan generasi masa depan kita,"jelasnya. 

Sultan menuturkan bahwa program digitalisasi tidak hanya akan mencakup Bahasa Jawa, tapi juga bahasa daerah lain yang ada di Indonesia. "Kita jaga agar bisa lebih dipahami oleh masyarakat," kata Raja Keraton Yogyakarta itu.

Menkominfo dan Sultan juga membicarakan rencana penyiapan sumber daya manusia dengan kemampuan digital. "Saya mengucapkan terima kasih karena Sultan memberikan dukungan yang tinggi, bahkan mengajak memanfaatkan beberapa fasilitas yang dimiliki pemerintah daerah untuk membantu kelancaran mempersiapkan digital talent Indonesia, khususnya di Yogyakarta," kata Menkominfo. 

Tags
SHARE