SHARE

Ilustrasi : Sejumlah siswa SMPN 4 menumpang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 9, Kota Pekanbaru, Riau

CARAPANDANG.COM - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Riau akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional berbasis Kertas Pensil (UNKP) untuk pelajar SMP atau sederajat dengan peserta sebanyak 17.651 orang pada April 2020.

"Sebanyak 17.651 pelajar itu berasal dari 45 SMP Negeri, 68 Swasta serta 3 MTs Negeri dan 28 Mts Swasta," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin (24/2/2020).

Menurut Jamal, sekolah yang masih menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) mencapai 24 sekolah dan seluruhnya sekolah swasta sedangkan total peserta didik yang bakal mengikuti UNBK setara SMP negeri dan swasta mencapai 16.960, sedangkan yang mengikuti UNKP hanya 691 peserta didik.

Ia menyebutkan, sebelum pelaksanaan UN, akan digelar dulu 'tryout' dan dalam pelaksanaan tryout tersebut selain untuk sekolah yang formal, maka Disdik juga melaksanakan UNBK kesetaraan atau setingkat SMP.

"Untuk ujian setara SMP disebut program paket B, dan untuk program paket C atau setara SMA, sedangkan untuk penyelanggaran ujian setara SMP dan SMA itu semuanya dilakukan berbasis komputer atau UNBK," katanya.

Jamal menekankan bahwa pihaknya sudah membahas kegiatan trsebut bersama pengelola ujian kesetaraan dan diperkirakan, dari paket A sampai paket C, akan diikuti 2.000 peserta, dominan mengikuti program paket B atau setara dengan SMP.

Untuk berbagai persiapan penyelenggaraan UN ini, kata Jamal, tidak ada lagi kendala hingga sejumlah peralatan pendukung dan lokasi pelaksanaan UNBK dan UNKP sudah dicek dan dalam kondisi baik.

"Sekarang tinggal untuk penyelenggaraan tryout yang diharapkan berlangsung tahun 2020 dengan sukses apalgai penyelenggaran UNBK tahun ini sudah 100 persen dibandingkan tahun 2019 UNBK SMP Negeri baru 25 persen," katanya.

SHARE