SHARE

Hati-Hati Mengucap 3 Kalimat Ini Saat Silaturahmi Lebaran

CARAPANDANG.COM - Silaturahmi merupakan momen yang paling berkesan saat Hari Raya Idulfitri tiba. Di mana umat muslim dapat berkunjung ke rumah saudara dan kerabat untuk berbagi kebahagiaan. Lewat silaturahmi pula hubungan persaudaraan semakin lekat.

Walaupun tahun ini hanya bisa silaturahmi virtual karena pandemi covid-19, tetapi kita tetap perlu untuk memiliki etika. Apalagi menanyakan hal-hal yang berbau personal. 

Nah, agar tali persudaraan makin terikat, yuk hindari bertanya 3 hal ini saat silaturahmi. Apa aja? 

1. Menanyakan Hubungan Asmara

Menanyakan apakah ia sudah menikah atau belum adalah sesuatu yang tidak perlu dilakukan karena hal itu bisa berdampak negatif. Orang yang Anda tanya bisa saja langsung merasa minder, sedih, dan tersinggung jika ternyata ia memiliki pengalaman buruk dengan hubungan atau komitmen.

2. Menanyakan berat badan

Tak jauh berbeda dengan jenis pertanyaan pertama, berat badan adalah isu sensitif yang tidak bisa disamaratakan. Selain dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri, menanyakan hal tersebut dapat membuat seseorang merasa malu, terutama jika hal tersebut dilakukan di depan banyak orang. 

Pertanyaan tentang berat badan dapat dianggap tidak sopan bagi beberapa orang, karena itu berhati-hatilah saat ingin menyenggol isu tentang berat badan, ya!

3. Menanyakan penghasilan

Anda bisa jadi pernah dekat dengan seorang teman saat masih bersekolah dulu, namun tentunya banyak yang berubah dalam rentang waktu tertentu. Hal ini termasuk seberapa banyak pendapatan dalam pekerjaan masing-masing. 

Melontarkan pertanyaan sejenis dapat menimbulkan rasa malu, minder, segan, dan tentunya celetukan-celetukan tambahan dari orang lain di sekitar Anda. Pertanyaan ini tak jauh berbeda dengan pertanyaan tentang berat badan.

 
Tags
SHARE