SHARE

Peter Addison Sadhani (ditpsmp)

CARAPANDANG.COM - Bagi Peter Addison Sadhani ajang Olimpiade Sains Nasional tahun 2017 terasa istimewa. Dirinya berhasil meraih medali emas OSN bidang IPA serta menyabet predikat The Best Theory. Peter pun terpilih untuk masuk di Tim A Indonesia pada ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) 2017. Siswa SMP Santo Aloysius 1 Bandung ini berhasil meraih medali emas pada The 14th International Junior Science Olympiad yang dihelat di Arnhem-Nijmegen, Belanda tanggal 3-12 Desember 2017.

Apa kiranya resep sukses Peter dalam mempelajari bidang studi IPA? Peter berbagi cara belajar IPA yang dilakoninya yakni memerlukan kerja keras, rajin membaca, dan mengenal konsep.
“Kalau Biologi itu sesuatu yang hanya bisa diperoleh melalui kerja keras. Harus rajin membaca. Membaca banyak dan mengulang kembali supaya kita mengingat di otak,” ungkap Peter yang memiliki cita-cita untuk mengembangkan agrikultur. “IPA itu intinya, kalau Fisika harus bisa menggunakan teori-teori yang sudah ada. Rumus yang sudah ada harus mampu digunakan secara bijak. Sedangkan untuk Biologi semuanya harus dengan berusaha keras. Di bagian tertentu, masih hafalan, terutama taksonomi.”

Selain bekerja keras dalam pembelajaran, menurut Peter, lingkungan pembelajaran yang nyaman juga membantu dalam daya serap ilmu.

“Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa memiliki lapangan terbuka hijau setidaknya 10 kilometer di sekitar rumah itu meningkatkan IQ sekitar 10 angka. Saya rasa itu hubungannya dengan emosi. Saya kadang-kadang kalau stres, terus di rumah, kebetulan saya punya taman di rumah, merasa tenang,” ujar Peter yang memiliki asa untuk mengembangkan varietas-varietas unggul terutama pada bahan makanan.

“Saya biasa belajar, kebetulan taman itu dihubungkan ke dalam ruangan dengan jendela. Jadi saya biasa duduk di meja makan dalam ruangan, tapi depan mata saya itu taman. Jadi tempat belajarnya nyaman, Pemandangannya juga nyaman,” imbuh Peter Addison Sadhani seperti dilansir situs Instagram @ditpsmp.prestasi_2018.