SHARE

carapandang.com

CARAPANDANG.COM - Anda mungkin iri dengan pencapaian seseorang. Betapa orang tersebut begitu berhasil dan sukses. Namun, tahukah Anda harga yang harus dibayar oleh orang tersebut untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan?

Teruslah Belajar

Cobalah baca buku biografi, cobalah tonton film yang menceritakan kisah seseorang, maka akan Anda temui bahwa sukses bukanlah sesuatu yang mudah. Ada proses panjang yang harus dilalui. Ada momentum-momentum kejatuhan yang mengharuskan manusia tetap bertahan dan tetap mengejar mimpi.

“follow process, not just result”

Di zaman serba instan, di mana kecepatan menjadi unggulan, jangan-jangan kita lupa mengenai makna kalimat “follow process, not just result”. Kita tergoda untuk menempuh jalan pintas. Kita merasa bahwasanya kesuksesan dapat begitu cepat dan mudah diperoleh. Ketahuilah bahwa jikalaupun sukses cepat diperoleh, berhati-hatilah akan kejatuhan yang segera. Sukses yang sejati bukan cuma pencapaian fisik, material, melainkan pencapaian mental. Bukankah semakin tinggi pohon, semakin kencang anginnya?

Sabar

Berproseslah, bersabarlah. Dalam proses itu Anda akan mendapatkan bekal pembelajaran yang luar biasa. Jam-jam panjang dalam proses merupakan harga yang harus ditukarkan untuk kesuksesan yang mantap. Bukan sekadar sukses artifisial ataupun polesan. Sukseslah dengan sebenar-benar sukses. Sukses yang ajek mengikuti prosesnya satu demi satu.

SHARE