SHARE

Webinar Seri Guru Belajar (Ditjen GTK)

CARAPANDANG.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meluncurkan “Seri Webinar Guru Belajar: Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi”. Peluncuran disiarkan langsung di kanal YouTube Ditjen GTK (Ditjen GTK Kemdikbud RI) serta diikuti oleh ribuan peserta melalui aplikasi Zoom.

Webinar Guru Belajar ditujukan untuk guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, widyaiswara, orang tua dan para insan pendidikan. Seri Webinar ini diharapkan dapat menghidupkan ruang diskusi dan mewarnai ruang pembelajaran para guru pada masa pandemi Covid-19.

Kegiatan ini akan diselenggarakan secara berkelanjutan selama satu bulan ke depan dan akan menghadirkan tema-tema dan narasumber dari kalangan guru, akademisi, praktisi, unsur pemerintah daerah, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

“Sungguh kami merasa sangat senang sekali bisa berkolaborasi dengan semua unsur pemangku kepentingan yang ada sehingga alhamdulillah dari webinar ini kami bisa selenggarakan dan insya Allah satu bulan ke depan kita akan terus belajar bersama, berbagi, supaya tantangan-tantangan yang ada pada saat ini bisa kita hadapi bersama-sama,” kata Dirjen GTK Kemendikbud Iwan Syahril, Senin (29/6/2020).

Pagebluk Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan bencana non alam yang menghadirkan krisis multidimensi. Tak terkecuali dunia pendidikan harus melakukan adaptasi terhadap pandemi ini.

“Masa pandemi ini benar-benar masa yang sangat sulit. Pada saat ini kalau kita lihat dari data lebih dari 1,3 milyar murid harus belajar dari rumah. Lalu situasi dimana sekolah atau sistem pendidikan bisa dibilang harus tutup,” urai Iwan Syahril.

“Ini yang terjadi mungkin yang terakhir di masa Perang Dunia Kedua. Ini kondisi yang sangat luar biasa dan sangat tidak mudah. Kita mungkin sering merasa tidak berdaya, untuk itu kami merespons tantangan-tantangan yang ada, situasi yang ada dengan Seri Webinar Guru Belajar: Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi,” tambahnya.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertindak sebagai keynote speaker pada peluncuran “Seri Webinar Guru Belajar: Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi”, mengungkap filosofi dasar dari program ini tetap terkait dengan konsep Merdeka Belajar yakni memberdayakan.

“Tujuan intinya adalah untuk menghimpun semua energi positif dalam merespons tantangan, sehingga kita semua merasa berdaya dan kemudian mau memberdayakan yang lainnya,” ujar Dirjen GTK Kemendikbud Iwan Syahril.

Ia lalu mengutarakan tiga kata kunci terkait “Seri Webinar Guru Belajar: Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi” yaitu berbagi dan belajar, gotong royong, dan fokus kepada murid.

“Ada tiga kata kunci menurut saya, tadi sudah disebutkan oleh bu Sesjen, kita berbagi dan belajar. Itu kata kunci pertama. Tidak mungkin kita menghadapi sebuah masalah tanpa kita belajar, namun di sini dengan konteks yang sangat kompleks, kita juga harus berbagi. Jadi dua kata ini, berbagi dan belajar saling berkaitan erat,” ujar Dirjen GTK Kemendikbud Iwan Syahril.

“Lalu yang kedua gotong royong. Kita harus menghadapi ini dengan bersama-sama. Kembali lagi pada filosofi luhur dari bangsa Indonesia untuk bagaimana caranya saling bantu dan bisa kemudian menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi,” sambungnya.

“Dan tentunya kita yang ketiga, harus fokus kepada murid. Apa pun yang kita lakukan, desain, program, apa pun yang baik mulai dari kebijakan sampai lapangan, tetap tujuannya adalah mengatasi masalah-masalah belajar yang dihadapi oleh murid-murid kita di lapangan,” jelas Iwan Syahril.