SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengapresiasi kerja seluruh aparat TNI dan Polri yang menjalankan tugas selama proses observasi warga negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Wuhan, China, di Pulau Natuna, Kepulauan Riau.

Panglima TNI mengaku bangga melihat kemampuan personel TNI-Polri mempersiapkan operasi kemanusiaan dalam waktu singkat.

"Hanya dalam waktu kurang dari dua hari kita mampu untuk melaksanakan operasi kemanusiaan yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia, yaitu melaksanakan observasi sesuai dengan protokol kesehatan WHO terkait dengan virus corona," jelas Hadi saat apel gabungan di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (13/2). 

Panglima sangat bersyukur dalam menjalankan operasi kemanusian ini sukes hingga saat ini.  "Saudara-saudara hari ini adalah hari yang ke-12 kita melaksanakan operasi kemanusiaan yang didukung dari seluruh satuan tergambar satu sinergi. Sinergitas yang mampu untuk melaksanakan operasi kemanusiaan tersebut," katanya. 

Meskipun dalam menyiapkan segala sesuatu membutuhkan waktu yang singkat, atas kerjasama dan kerja yang sinergis ini akhirnya berjalan sukses.  

"Mempersiapkan segala sesuatunya, membuat perimeter, menggelar pasukan untuk pengamanan wilayah observasi, dan melaksanakan operasi teritorial, baik dari TNI, dari Polri, maupun ormas lainnya yang mampu memberikan pengertian ke masyarakat bahwa Natuna dipilih menjadi tempat terhormat dalam rangka mengobservasi keluarga kita, mahasiswa dari Wuhan menuju Indonesia,"  jelasnya.

Aparat TNI dan Polri akan siaga di Natuna hingga masa observasi WNI dari Wuhan berakhir pada 15 Februari 2020.
 

SHARE