SHARE

Sekretaris PPDB Kepri, Arief Salman. (Istimewa)

CARAPANDANG.COM – Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau mengklaim hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di daerah tersebut,  Senin (29/6) berjalan lancar sesuai yang direncanakan.

"Alhamdulillah, proses PPDB hari ini berjalan lancar, mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti," kata Sekretaris PPDB Kepri, Arief Salman.

Menurut Arief, PPDB tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni biasanya peserta didik melakukan pendaftaran dan verifikasi berkas di sekolah.

Sementara tahun ini, kata dia, peserta didik cukup melakukan pendaftaran dan verifikasi berkas melalui sistem online tanpa perlu datang ke sekolah, karena situasi pandemi COVID-19.

"Verifikasi berkas hingga pendaftaran ulang nanti pun menggunakan sistem online," imbuhnya.

Dari pantauan pihaknya, hari pertama PPDB tahun ini tidak didapati peserta didik maupun orangtua yang melakukan proses pendaftaran ke sekolah.

"Kalaupun ke sekolah pasti ditolak, sebab semua sudah memakai sistem online," tutur dia.

Pihaknya turut mengimbau bagi peserta didik maupun orangtua yang masih ragu terkait PPDB tahun 2020, diharapkan dapat mengakses channel youtobe dengan kata kunci "PPDB Kepri 2020".

Dalam channel youtobe tersebut, kata dia, sudah terdapat petunjuk teknis, syarat pendaftaran, serta aturan main PPDB khusus tahun ini.

"Termasuk tata cara mendaftar PPDB menggunakan aplikasi online. Semua sudah kami tampilkan, tinggal dipelajari saja oleh peserta didik/orangtua," sebut Arief.

Lebih lanjut, Arief menyebutkan bahwa panitian PPDB di tahun ini memberlakukan batasan umur. Meskipun suatu keharusan, tapi khusus SMA dan SMK wajib berumur 21 tahun.

"Kalau di atas 21 tahun, otomatis tidak kami terima. Kami mengarahkan mereka ikut paket," demikian Arief.