SHARE

CLC (GTK Dikdas)

CARAPANDANG.COM – Kegiatan Seleksi Pendidik pada Satuan Pendidikan Indonesia di Malaysia Tahap XI Tahun 2020 dilaksanakan secara daring (online) dalam 2 tahap, yaitu Seleksi Administratif dan Seleksi Substansi (tes tulis, micro teaching, dan wawancara).

Tes substansi berisi materi substansi mata pelajaran yang terdiri dari kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi dengan proporsi soal 70:30 berjumlah 60 soal kecuali soal Matematika 50 soal, dengan waktu penyelesaian 120 menit.

Pelaksanaan psikotes dilakukan dengan menggunakan pendekatan Computer-Based Test (CBT) dan pendampingan oleh para psikolog yang bertugas dalam pelaksanaan tes psikologi secara langsung.

Pelaksanaan psikotes menggunakan 2 aplikasi yang berjalan secara langsung, yaitu:

(a) Soal yang ditampilkan secara online menggunakan aplikasi Zoom atau GMeet dipandu secara langsung oleh para psikolog yang bertugas, dan

(b) Aplikasi CBT yang menampilkan isian jawaban dari tes yang sedang berlangsung secara bersamaan. Hasil jawaban akan tersimpan dalam server yang nantinya akan diolah oleh tim psikolog sebagai salah satu dasar penentuan kelulusan peserta.

Psikotes akan berlangsung selama 3 s.d. 4 jam.

Micro teaching atau pembelajaran mikro adalah sebuah model atau metode pelatihan penampilan dasar mengajar guru yang dilakukan secara mikro atau disederhanakan, yaitu waktu, materi dan jumlah siswa. Micro teaching dilakukan oleh peserta seleksi yang mensimulasikan keterampilan dasar mengajar, praktik kegiatan belajar dan berdiskusi mengenai masalah-masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran.

Pelaksanaan micro teaching mengintegrasikan keterampilan pembelajaran dengan pendekatan multi-subject dan multi-grade, karena dalam kenyataannya di tempat tugas, seluruh guru akan mengimplementasikan multi-subject dan multi-grade teaching dalam proses pembelajaran.

Pelaksanaan micro teaching dilakukan secara online selama 20 s.d. 30 menit (sudah termasuk tanya jawab) bagi setiap peserta dengan menggunakan web meeting/video conference (Zoom atau GMeet) yang didampingi oleh admin IT secara teknis dan dipandu oleh 2 orang observer dari LPTK/Widyaiswara yang ditunjuk. Observer akan menilai micro teaching menggunakan instrumen yang telah disiapkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan dilakukan secara online sepenuhnya.

Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan kepada peserta seleksi oleh tim psikolog dan tim seleksi Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar. Wawancara dibagi menjadi 2 tahapan disesuaikan dengan materi wawancara berikut.

  1. Psikolog
Wawancara dalam kajian psikologi mempunyai peran penting dalam psikodiagnostik sebagai metode untuk mendapatkan data maupun mencocokkan konsistensi yang telah ditetapkan berdasar atas metode-metode lain yang telah ditetapkan oleh tim psikolog.

Wawancara yang dipandu oleh psikolog membutuhkan waktu 1 jam per peserta.

  1. Tim Seleksi GTK
Wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur menggunakan pendekatan panduan umum dan tertutup dengan respons tetap, pewawancara mengajukan pertanyaan-pertanyaan khusus yang telah dirancang sebelumnya dalam bentuk pemahaman tentang pengetahuan umum, di antaranya tentang peran guru dalam pembelajaran di lokasi penugasan, pendekatan pembelajaran Multi-subject dan Multi-grade yang akan diimplementasikan oleh setiap peserta yang lolos sebagai pendidik.

Peserta diarahkan kepada bagaimana memecahkan permasalahan yang dimunculkan oleh pewawancara sesuai pedoman wawancara yang telah disiapkan. Wawancara dengan pendekatan panduan umum dan tertutup dengan respons tetap ini untuk memastikan bahwa bidang informasi umum yang sama dikumpulkan dari setiap orang yang diwawancarai, pertanyaan yang sama dan diminta untuk memilih jawaban dari sekumpulan alternatif yang sama. Format ini bermanfaat bagi mereka yang tidak terlatih dalam wawancara.