VAR Mulai Februari Diterapkan Liga 1 2023/24

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Asep Saputra menyebut pelatihan wasit untuk VAR di Liga 1 2023/24 sudah dilakukan. Agenda tersebut dilangsungkan pada 4 Juli lalu.

Asep mengatakan masih ada sejumlah tahapan pelatihan wasit untuk VAR. Dalam waktu dekat ini agenda tersebut bakal dilangsungkan.

"Bahwa untuk VAR kita sudah menyelesaikan konferensi dengan FIFA. Minggu lalu bertepatan dengan kita menggelar RUPS saat itu perwakilan FIFA," kata Asep.

"Dari situ kita sudah masuk ke fase kedua, yaitu fase edukasi. Per tanggal 4 Juli ini kita sudah akan mulai sesi edukasi ini," Asep menambahkan.

Rencananya VAR akan mulai diterapkan di Liga 1 musim ini pada Februari tahun depan. Maka dari itu, PT LIB bakal memaksimalkan waktu yang tersisa buat melakukan pelatihan kepada wasit.

Sebanyak 18 wasit bakal menerima pelatihan VAR. Para pengadil lapangan tersebut merupakan orang yang lolos seleksi untuk memimpin pertandingan di Liga 1 musim ini.

"Sebagai gambaran bahwa bulan Februari 2024 akan digunakan dan ada lima tahap untuk protokol VAR. Dari mulai project team sudah dibentuk, kick-off sudah dimulai," ucapnya.

"Selanjutnya yang akan panjang adalah sesi edukasi wasitnya selama enam bulan. Jadi ada beberapa sesi dari mulai teori hingga simulasi, nanti juga ada sesi teknis klip-klip video," ia melanjutkan.

Selain itu, Asep menyatakan juga akan melakukan pelatihan buat Video Operation Room (VOR). Tugas orang yang dilatih tersebut untuk mengendalikan alat VAR dari ruangan.

"Berbarengan dengan edukasi wasit, juga akan order dengan VOR yang alatnya VAR itu di dalam ruangan. Itu berjalan paralel sebetulnya. Ada penyesuaian tentunya."

"Semua stadion yang akan digunakan harus dites oleh FIFA, kaitannya dengan alat tadi. Perlu disampaikan juga dalam VAR, ada dua metode sentralisasi dan desentralisasi." dilansir goal.con