SHARE

Istimewa

CARPANDANG.COM -  Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Abdul Fikri Faqih mengatakan di tengah wabah virus corona yang tidak tahu kapan akan berakhir dia meminta kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) agar Ujian Nasional (UN) dihapuskan saja. 

"Saya mengusulkan ujian nasional (UN) dihapus saja tahun ini dari pada diundur dengan waktu yang tidak jelas kapan akan dilaksanakan," ujar Fikri dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi di Jakarta, Senin (23/3). 

Politisi PKS ini mengusulkan agar para siswa cukup menjalani ujian sekolah (US) saja. Dia menjelaskan bahwa UN apabila dilaksanakan pada tahun ini juga tidak menjadi penentu kelululusan bagi siswa. 

"Cukup dengan Ujian Sekolah (US) saja, toh UN tidak menentukan kelulusan, hanya untuk pemetaan dan tidak menjadi syarat masuk Perguruan Tinggi," sarannya. 

Menurutnya anggaran yang sudah terlanjur digunakan untuk pelaksanaan UN dicut off dan dipertanggung jawabkan. "Penyebaran Covid-19 ini tidak jelas kapan berakhir. Anggaran yang sudah terlanjur digunakan cut off dan dipertanggung jawabkan, selanjutnya pemerintah bisa self blocking sambil menunggu perubahan APBN," demikian Abdul Fikri Faqih. 

SHARE