Zulhas Ingin Semua Kubu Masuk Kepengurusan PAN 2020-2025

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM -  Persaingan dalam kongres ke-V Partai Amanat Nasioanl (PAN) tentu meninggalkan luka. Namun, luka tersebut harus disembuhkan agar setelah kongres PAN bisa menatap ke depan jauh lebih baik. 

Maka itu, untuk menghilangkan luka tersebut,  Ketua Umum DPP PAN terpilih Zulkifli Hasan akan mengajak semua kubu dalam kepengurusan PAN 2020-2025.  "Ya harus (merangkul semua kubu), mungkin tidak sehari atau dua hari. Persaingan tentu meninggalkan luka, perlu waktu untuk pemulihan bersama-sama," jelasnya  di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/3).

Zulhas mengatakan dalam pertarungan dalam kongres PAN memang sangat keras. Bahkan dalam pemilihan posisi Ketua Umum hingga berujung terjadinya pelemparan bangku dalam arena kongres. 

Menurutnya apa yang terjadi menjadikan PAN lebih matang dalam berdemokrasi. Dia mengatakan bahwa PAN berbeda dengan partai yang lain- yang memiliki pucuk pimpinan dengan mekanisme penunjukan.

"Kami memilih sistem demokratis, memang ada risiko, ada keramaian karena ada pertandingan. Bayangkan saja dulu beda suaranya enam (Zulkifli-Hatta) dan kemarin cukup banyak yaitu 106 suara (Zulkifli-Mulfachri), itu adalah demokrasi yang kami pilih," ujarnya.

Dia mengatakan walaupun ada ekses setelah pertarungan di kongres ke-V, pada waktunya nanti semua kader akan bersatu bersama-sama lagi. Menurut dia, siapapun kader PAN termasuk kubu Mulfachri Harahap yang ingin masuk kepengurusan partai itu dipersilakan dan harus ada kesediaan.

"Komunikasi jalan terus namun tidak dengan semua, ada satu dan dua (dilakukan komunikasi)," katanya.