Alami Peningkatan Pengunjung Destinasi Wisata Danau Sebedang Di Sambas Kalbar

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Pengelola destinasi wisata Danau Sebedang di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat saat Lebaran mencatat ada peningkatan pengunjung secara signifikan dibanding hari biasanya dan hal itu menjadi berkah tersendiri di masa pandemi terutama bagi masyarakat sekitar.

"Saat Lebaran wisata Danau Sebedang di Kabupaten Sambas mengalami lonjakan pengunjung. Sementara dari dua hari Lebaran udah melebihi 1.000 pengunjung. Dapat diketahui dari tiket yang terjual, namun angka tersebut jauh turun drastis dari tahun sebelumnya," kata pengelola wisata Danau Sebedang di Kabupaten Sambas, Didip, saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Menurutnya hal tersebut terjadi karena adanya surat edaran dari Gubernur Kalimantan Barat terkait dengan larangan mudik. Hal itu dimakluminya untuk mencegah penularan wabah COVID-19.

"Terkait dengan surat edaran gubernur dengan larangan juga mempengaruhi pengunjung yang datang terutama dari luar kecamatan atau desa, mungkin karena masyarakat masih membatasi diri dari kerumunan," kata dia.

Ia mengatakan dalam penerapan protokol kesehatan, wisata Danau Sebedang tetap mengecek suhu, menyediakan tempat pencuci tangan, dan pengunjung diwajibkan memakai masker.

"Untuk penerapan prokesnya desa menyediakan Posko relawan COVID-19 dan tim penjagaan melaksanakan protokol kesehatan dengan mengecek suhu, serta menyediakan alat cuci tangan di pintu masuk Danau Sebedang dan pengunjung diwajibkan memakai masker," ujarnya.

Dirinya berharap di masa pandemi saat ini pengelola dan pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan, sama-sama ciptakan sapta pesona Indonesia dengan selalu aman dan nyaman.

"Harapannya di masa pendemi ini pengelola dan pengunjung wisata tetap mematuhi protokol kesehatan, mari kita bersama-sama menciptakan sapta pesona Indonesia dalam berwisata agar selalu aman dan nyaman demi kelancaran berwisata," katanya.

Sementara destinasi lainnya seperti Pantai Temajok di ekor borneo yang berada di Kecamatan Paloh pengunjung saat ini lebih ramai saat lebaran 2021 ini.

"Pengunjung sangat ramai tahun ini dan sangat seru. Saat menuju lokasi ada beberapa titik penjagaan dari Satgas COVID-19 untuk mengecek keadaan pengunjung. Kami setuju agar semua yang hadir aman," kata satu di antara pengunjung, Diki.