Babel Terpilih Menjadi Lokasi Festival Maritim 2021

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) memilih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai lokasi penyelenggaraan festival maritim 2021, guna membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi usai Pandemi.

"Saya berharap seluruh stakeholder dan masyarakat bersinergi dan mendukung kebijakan nasional ini untuk membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi pasca pendemi COVID-19 ini," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah saat memimpin rapat koordinasi penyelenggaraan festival maritim 2021 di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan festival maritim tahun depan yang bertemakan "Cumi-Cumi Pelangi" akan akan digabungkan dengan voli pantai “Asia Pasific Beach Volley” di Pulau Belitung, sebagai langkah pemerintah untuk mendongkrak kepariwisataan Babel khususnya Belitung yang memiliki banyak manfaat.

"Kami menilai Belitung sangat tepat menjadi lokasi yang tepat untuk menyelenggarakan festival maritim dan voli pantai dengan pasirnya yang sangat indah," ujarnya.

Menurut dia, festival maritim ini juga akan dilaksanakan di 12 lokasi, dengan 6 lokasi utama dan 6 lokasi pendamping. Setiap kegiatan akan berlangsung selama kurang lebih empat hingga tujuh hari. Sehingga selain di Belitung, festival ini juga dilaksanakan di Jakarta, Nusa Dua, Mandalika, Labuan Bajo, dan Raja Ampat.

"Dengan ditetapkannya Belitung salah satu daerah destinasi tujuan wisata nasional dan ini tentunya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke negeri laskar pelangi ini," katanya.

Ia menambahkan festival ini akan melibatkan berbagai stakeholder yang juga akan melibatkan para pelaku UMKM, pelajar, dan seniman untuk bersama-sama membangkitkan kembali kepariwisataan di negeri serumpun sebalai ini.

"Saat ini, kita baru tahap perencanaan dan masih akan dikritisi lagi dan sinergikan dengan masing-masing sektor OPD seperti Dinas UMKM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, juga Dinas Kepemudaan dan Olahraga untuk kita kemas kegiatan tersebut,” ujarnya.